Interactive Electronic Book (E-Book): Algoritma dan Pemrograman Dasar

Agariadne Dwinggo Samala(1), Dedy Irfan(2), Wakhinuddin Simatupang(3), Mukhlidi Muskhir(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.114365

Full Text:    Language : en

Abstract


Penggunaan buku cetak berbasis teks dan gambar statis masih banyak digunakan di sekolah maupun perguruan tinggi. Padahal perkembangan teknologi, buku dapat dikemas dalam bentuk non-cetak atau disebut buku elektronik (e-book). E-book memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh buku cetak, yaitu tanpa kertas, hemat ruang penyimpanan, dan mudah dibawa kemana saja. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan sebuah e-book interaktif algoritma dan pemrograman dasar; 2) mengetahui kelayakan dari e-book interaktif yang dikembangkan; 3) mengetahui praktikalitas dari e-book interaktif ditinjau dari respon mahasiswa sebagai pengguna. E-book ini digunakan sebagai media suplemen pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning berbasis LMS. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan menggunakan pendekatan 4D. Model 4D (four-D) terdiri atas: 1) Define (Pendefinisian); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Disseminate (Penyebarluasan). Untuk uji kelayakan menggunakan angket validasi media dan materi oleh ahli pakar sebagai validator media pembelajaran interaktif, sementara uji praktikalitas menggunakan angket respon oleh mahasiswa sebagai pengguna. Hasil uji kelayakan oleh 3 (tiga) ahli pakar diperoleh sebesar 86,21% dengan kategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas diperoleh untuk desain tampilan sebesar 77% dengan kategori menarik, kelengkapan isi sebesar 78% dengan kategori lengkap, kemudahan penggunaan sebesar 75% dengan kategori mudah digunakan, keterbacaan buku sebesar 74% dengan kategori jelas terbaca, dan ketertarikan mahasiswa dalam membaca e-book interaktif sebesar 84% dengan kategori tertarik. Secara keseluruhan diperoleh persentase praktikalitas sebesar 78%, maka dapat dinyatakan bahwa dari e-book interaktif yang dikembangkan praktis digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran daring sebagai media pembelajaran suplemen dalam mempelajari algoritma dan pemrograman dasar di e-learning.


Keywords


media pembelajaran; e-book interaktif; algoritma dan pemrograman dasar; e-learning; 4D

References


Q. Aini, M. Budiarto, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Exploring E-learning Challenges During the Global COVID-19 Pandemic: A Review,” J. Sist. Inf., vol. 16, no. 2, pp. 57–65, 2020, doi: 10.21609/jsi.v16i2.1011.

A. M. Maatuk, E. K. Elberkawi, S. Aljawarneh, H. Rashaideh, and H. Alharbi, “The COVID ‑ 19 pandemic and E ‑ learning : challenges and instructors,” J. Comput. High. Educ., no. 0123456789, 2021, doi: 10.1007/s12528-021-09274-2.

I. Yuzulia, “The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice,” Wanastra J. Bhs. dan Sastra, vol. 13, no. 1, pp. 08–12, 2021, doi: 10.31294/w.v13i1.9759.

A. D. Samala, B. R. Fajri, F. Ranuharja, and R. Darni, “PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BAGI GENERASI Z DI ERA 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 45–53, Mar. 2020, doi: 10.24036/tip.v13i1.260.

M. A. Rahmanto and Bunyamin, “Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom,” J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. November, pp. 119–135, 2020.

J. S. Barrot, I. I. Llenares, and L. S. del Rosario, “Students’ online learning challenges during the pandemic and how they cope with them: The case of the Philippines,” Educ. Inf. Technol., no. 0123456789, 2021, doi: 10.1007/s10639-021-10589-x.

E. Surahman, R. Santaria, and E. I. Setiawan, “TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA Pendahuluan Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan,” J. Islam. Educ. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 94–95, 2020.

A. Aurora and H. Effendi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang,” Univ. Negeri Padang. JTEV, vol. 5, no. 2, pp. 11–16, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index.

C. Oktaviani and D. Irfan, “KONTRIBUSI GAYA BELAJAR DAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK NEGERI 5 PADANG,” J. VOKASI Inform., vol. 1, no. 2, pp. 26–30, 2021.

V. Marín Díaz, E. Reche Urbano, and G. Maldonado Berea, “Advantages and disadvantages of online training,” Ridu, vol. 7, no. 1, p. 2, 2013.

K. Mukhtar, K. Javed, M. Arooj, and A. Sethi, “Advantages, limitations and recommendations for online learning during covid-19 pandemic era,” Pakistan J. Med. Sci., vol. 36, no. COVID19-S4, pp. S27–S31, 2020, doi: 10.12669/pjms.36.COVID19-S4.2785.

A. M. Basar, “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” Edunesia J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 208–218, 2021, doi: 10.51276/edu.v2i1.112.

P. Hiranrithikorn, “Advantages and disadvantages online learning,” pp. 14–17, 2019.

R. Rifdarmon, A. Ambiyar, and W. Wakhinuddin, “Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif,” Edukasi J. Pendidik., vol. 18, no. 1, p. 113, 2020, doi: 10.31571/edukasi.v18i1.1600.

S. Fahmi, S. W. Priwantoro, R. A. Cahdriyana, A. Hendroanto, S. N. Rohmah, and L. C. Nisa, “Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1188, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1188/1/012075.

J. E. WIJAYA and A. VIDIANTI, “Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Interaktif Pada Mata Kuliah Inovasi Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja,” J. Pendidik. Glas., vol. 3, no. 2, p. 142, 2019, doi: 10.32529/glasser.v3i2.334.

S. S. Evenddy, W. Hamer, H. Pujiastuti, and R. Haryadi, “The Development of 3D Flipbook E-Learning Module of English Mathematics Profession,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1796, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1796/1/012017.

Sugiyono, “METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/ R&D),” p. 38, 2019.

N. Fajri and U. Usmeldi, “Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Siswa SMK,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, pp. 369–374, 2020.

R. P. Putra, “Pengembangan Media Interaktif Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMKN 1 Guguak,” vol. 06, pp. 307–314, 2020.

S. Saraswati, R. Linda, and H. Herdini, “Development of Interactive E-Module Chemistry Magazine Based on Kvisoft Flipbook Maker for Thermochemistry Materials at Second Grade Senior High School,” J. Sci. Learn., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.17509/jsl.v3i1.18166.


Article Metrics

 Abstract Views : 750 times
 PDF Downloaded : 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.