Efek Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Pariaman
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108578
Full Text: Language : en
Abstract
Proses pembelajaran di SMKN 1 Pariaman masih terpusat pada pendidik dan dalam penyampaian materi pembelajaran pendidik hanya mengandalkan media papan tulis berbantuan bahan ajar seadanya, sehingga kurangnya partisipasi aktif siswa dan hasil belajar siswa banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu digunakanlah pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media interaktif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk melihat seberapa besar efek dari model CPS berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre experimental dengan desain one group pretest posttest serta subjeknya siswa kelas X TITL 3. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berbentuk soal esay. Data di analisis menggunakan rumus effect size. Berdasarkan hasil penelitian model Creative Problem Solving memiliki efek yang besar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 Pariaman.
Keywords
References
W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.
Gunawan, Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
L. Becker, “Effect Size (ES),” 2000. [Online]. Available: http://web.ucss.edu/Ibecker/Psy590/es.htm/. [Accessed: 25-Des-2019].
M. Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
I. Indayatmi, “Peningkatan Hasil Belajar Analisis Titrimetri Melalui Model Creative Problem Solving Pada Peseta Didik SMK,” J. Pendidik. Sains, vol.5, no. 2, pp. 88–99, 2017.
F. Totiana, “Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dilengkapai Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas X1 IPA Semester Genap SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012,” J. Pendidik. Kimia, vol.1, no. 1,
Article Metrics
Abstract Views : 848 timesPDF Downloaded : 112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.