Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Dasar Kelistrikan Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika

Ilham Eka Ikhwandi(1), Irma Yulia Basri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108113

Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif dengan materi konsep dasar kelistrikan pada mata kuliah listrik dan elektronika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan 4-D. Pada model pengembangan 4-D memiliki 4 langkah pengembangan yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Dessiminate (penyebaran). Media diuji kelayakannya berdasarkan penilaian dari dua orang validator dan dinilai oleh mahasiswa jurusan teknik sebanyak 35 orang. Penilaian validator dan mahasiswa sebagai pengguna dilakukan dengan cara pengisian angket penilaian dengan skala likert. Pengambilan data pengguna dilakukan diruang perkuliahan oto 04 dan mahasiswa melakukan penilaian terhadap media pembelajaran dipresentasikan. Hasil penelitian ini yaitu media yang dihasilkan sudah layak digunakan untuk pembelajaran pada mata kuliah listrik dan elektronika dengan tingkat validitas sebesar 95,6% (sangat layak) dari segi materi, 91,3% (sangat layak) dari segi media, dan 88,9% (layak) diperoleh dari penilaian mahasiswa sebagai pengguna atau responden.


Keywords


perancangan, media pembelajaran interaktif, research and development

References


Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran, landasan dan Aplikasinya

Enjang A Juanda. 2011. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar-dasar Mikrokontroler. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jilid 17, No. 6). Hlm 439-444.

D Tarigan dan Sahat Siagian. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan (Vol.2, No. 2). Hlm 187-200.

Dina Indriana. (2011).Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta: Diva Press.

Arief S Sadiman. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatah Syukur. (2005). Teknologi Pendidikan.Semarang: RaSAIL.

Nopriyanti dan Putu Sudira. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol 5, No. 2). Hlm 222-235.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muhammad Irsyad. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Cd Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Padang. Skripsi. FT UNP.

Rahmat Nofianto. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Starter Berbasis Software Lectora Inspire Pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. FT UNP


Article Metrics

 Abstract Views : 1130 times
 PDF Downloaded : 390 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.