Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif dengan materi konsep dasar kelistrikan pada mata kuliah listrik dan elektronika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan 4-D. Pada model pengembangan 4-D memiliki 4 langkah pengembangan yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Dessiminate (penyebaran). Media diuji kelayakannya berdasarkan penilaian dari dua orang validator dan dinilai oleh mahasiswa jurusan teknik sebanyak 35 orang. Penilaian validator dan mahasiswa sebagai pengguna dilakukan dengan cara pengisian angket penilaian dengan skala likert. Pengambilan data pengguna dilakukan diruang perkuliahan oto 04 dan mahasiswa melakukan penilaian terhadap media pembelajaran dipresentasikan. Hasil penelitian ini yaitu media yang dihasilkan sudah layak digunakan untuk pembelajaran pada mata kuliah listrik dan elektronika dengan tingkat validitas sebesar 95,6% (sangat layak) dari segi materi, 91,3% (sangat layak) dari segi media, dan 88,9% (layak) diperoleh dari penilaian mahasiswa sebagai pengguna atau responden.


Keywords


perancangan, media pembelajaran interaktif, research and development