Pengembangan Buku Ajar Pada Matakuliah Rangkaian Listrik Program Studi Teknik Elektro Industri

Muhammad Rais Latif(1), Mukhlidi Muskhir(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.108036

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar rangkaian listrik berdasarkan konsep Self Direct Learning, dalam rangka membantu mahasiswa mengatasi kesulitan mempelajari matakuliah rangkaian listrik. Hal ini didasarkan pada data observasi pada prodi teknik elektro industri D-IV, FT-UNP, dimana terdapat 25 mahasiswa dari 43 mahasiswa mengalami kesulitan mempelajari rangkaian listrik. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development, dengan lima tahap pengembangan yakni: pontensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Produk yang dihasilkan berupa buku ajar terdiri dari dua bab, yakni bab I mengenai hukum-hukum dasar rangkaian listrik dan bab II mengenai metoda analisis rangkaian listrik. Hasil validasi ahli media terhadap bab I dan bab II buku diperoleh presentase 98% pada kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi untuk bab I dan II buku diperoleh persentase 91.5% pada kategori sangat valid. Dengan demikian buku ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran.


Keywords


Kata kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Rangkaian Listrik.

References


D. K. Wheeler, “Curriculum Process”. London: Hodder and Stoughton Educational, 1979.

Dedi Putra Irwan, “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesulitan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Muaro Jambi”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Jambi, 2017.

Elfizon, et al., “Pengembangan Media Trainer Elektronika Dalam Pembelajaran Teknik Elektronika pada Pendidikan Vokasi Teknik Elekro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang” in Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha - Bali, 2017. pp. 153-160.

Karina Heksari, “Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Menulis Berdasarkan Strategi 3W2H untuk SMA Kelas XI”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 2015.

Lukman Hakim, “Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Rangkaian Listrik”. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Padang. Padang, 2019.

Maulidin Ardiyansyah W.P, “Analisis Kesalahan Konsep pada Buku Teks Biologi Kelas X di SMA Negeri Kota Malang”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang, 2017.

Nur Ahid, “Konsep dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan”. Islamic, Vol 1, No 1, pp. 12-29. September, 2006.

Putu Sukemi, “Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kliuntu dengan Model Dick and Carey”. Jurnal Pendidikn Indonesia, Vol. 3, No. 1, pp. 386-396. April, 2014.

Restu Aulia Chairunnisa, “Hubungan Self Directed Learning dengn Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang, 2016.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana, “Media Pembelajaran”. Bandung: Cv Wacana Prima, 2009.

Sahade dan Abd. Rijal, “Factor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akutansi Perusahaan Jasa Di SMK Negri 1 Bungo Kabupaten Pangkep”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 1, No. 1, pp. 1-9. Januari, 2018.

Sugiyono, “Metod Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Cv Alfabeta, 2015.

Suharsimi Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Syamsul Bahri, “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya”. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 11, No. 1, pp. 15-34. Agustus, 2011.

Ulfiani Rahman, et al.. “Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3, No. 1, pp. 85-102. Juni, 2015.

Umar, “Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Tarbawiyah Vol. 10, No. 2, pp. 126-141. Juli-Desember, 2013.

Umi Hanifah, “Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajarn Bahasa Arab”. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, Vol. 3, No. 1, pp. 99-121. Januari, 2014.


Article Metrics

 Abstract Views : 978 times
 PDF Downloaded : 465 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.