Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar rangkaian listrik berdasarkan konsep Self Direct Learning, dalam rangka membantu mahasiswa mengatasi kesulitan mempelajari matakuliah rangkaian listrik. Hal ini didasarkan pada data observasi pada prodi teknik elektro industri D-IV, FT-UNP, dimana terdapat 25 mahasiswa dari 43 mahasiswa mengalami kesulitan mempelajari rangkaian listrik. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development, dengan lima tahap pengembangan yakni: pontensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Produk yang dihasilkan berupa buku ajar terdiri dari dua bab, yakni bab I mengenai hukum-hukum dasar rangkaian listrik dan bab II mengenai metoda analisis rangkaian listrik. Hasil validasi ahli media terhadap bab I dan bab II buku diperoleh presentase 98% pada kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi untuk bab I dan II buku diperoleh persentase 91.5% pada kategori sangat valid. Dengan demikian buku ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran.


Keywords


Kata kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Rangkaian Listrik.