Pengembangan Media Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Trainer Pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107972
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media trainer mikrokontroler yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah praktek sistem mikroprosessor yang mudah dipahami.Pengembangan trainer ini dilatar belakangi oleh minimnya trainer pendukung mata kuliah Mikroprosesor serta penggunaan trainer Mikrokontroler yang ada belum optimal dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa validitas Trainer sebesar 88% dengan kategori valid, Uji Praktikalitas yang dihasilkan dengan rata-rata sebesar 86% menyatakan trainer mikrokontrler adalah praktis dan Uji coba terbatas terhadap 16 orang mahasiswa Program Studi S1-Pendidikan Teknik Elektro, diperoleh persentase penilaian 92%. Disumpulkan bahwa Trainer Mikrokontroler dikategorikan valid dan praktis digunakan dalam pratikum.
Keywords
References
Republik Indonesia, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003,” in Sekretariat Negara, 2003.
Depdiknas, “Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,” Jakarta BNSP Depdiknas, 2006.
U.-U. R. Indonesia, “Sistem pendidikan nasional,” Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum, 2003.
Elfizon, M. Muskhir, and O. Candra, “Pengembangan Media Trainer Elektronika dalam Pembelajaran Teknik Elektronika pada Pendidikan Vokasi Teknik Elektro FT UNP,” in Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 2017, pp. 153–160.
A. Aswardi, “The implementation of guided discovery learning method to improve student learning outcomes at electromagnetic control system and operation course,” COUNS-EDU Int. J. Couns. Educ., 2017.
Susanti Novia and Elfizon, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya,” vol. 5, no. 2, pp. 28–34, 2019.
E. Bustami, O. Candra, and M. Muskhir, “Penerapan Strategi Training Within Industry Sebagai Upaya Meningkatan Motivasi Perkuliahan,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 18, no. 2, pp. 55–64, 2018.
Aswardi, Nellitawati, and I. Arda, “Trainer Development of the Electrical and Electronics Course as a Learning Media in Electrical Department SMKN 1 Tilatang Kamang,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. pp. 283–393, 2013.
K. Krismadinata, E. Elfizon, and T. Santika, “Developing Interactive Learning Multimedia on Basic Electrical Measurement Course,” vol. 299, no. Ictvet 2018, pp. 305–308, 2019.
Aswardi; Riki Mukhaiyar; Elfizon; Nellitawati, “Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran,” vol. V, no. 1, 2019.
Elfizon, Syamsuarnis, and O. Candra, “THE EFFECT OF STRATEGY OF TRAINING MODELS IN LEARNING ELECTRICAL INSTALLATION,” pp. 9–12, 2017.
Elfizon, O. Candra, Syamsuarnis, and M. Muskhir, “PENINGKATAN LIFE SKILL REPARASI PERALATAN LISTRIK RUMAH TANGGA BAGI PEMUDA PSAABR BUDI UTAMA LUBUK ALUNG KAB . PADANG PARIAMAN,” vol. V, no. 1, pp. 23–29, 2019.
Al Abbas F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Modul Pada SMK N 1 Sumatera Barat. Journal of Education and Research, 5.13.Print.
D. Nofri. (2019), Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Muhammadiyah 1 Padang. Journal of Education and Research, 1.1.Print.
Borg and Gall.1983. Education Research and Introduction. New York: Longman
Riduwan, Skala Pengukuran Variable-Variable Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.
Article Metrics
Abstract Views : 522 timesPDF Downloaded : 155 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.