Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media trainer mikrokontroler yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah praktek sistem mikroprosessor yang mudah dipahami.Pengembangan trainer ini dilatar belakangi oleh minimnya trainer pendukung mata kuliah Mikroprosesor serta penggunaan trainer Mikrokontroler yang ada belum optimal dalam pembelajaran. Jenis penelitian  ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa validitas Trainer sebesar 88% dengan kategori valid, Uji Praktikalitas yang dihasilkan dengan rata-rata sebesar 86% menyatakan trainer mikrokontrler adalah praktis dan Uji coba terbatas terhadap 16 orang mahasiswa Program Studi S1-Pendidikan Teknik Elektro, diperoleh persentase penilaian 92%. Disumpulkan bahwa Trainer Mikrokontroler dikategorikan valid dan praktis digunakan dalam pratikum.

 

 


Keywords


Trainer, Validitas, Praktikalitas