Kompetensi Dasar dari Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang

Yulia Efronia(1), Riki Mukhaiyar(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107861

Full Text:    Language : in

Abstract


Kompetensi dasar merupakan identitas keahlian yang harus dimiliki oleh setiap lulusan, terutama lulusan pendidikan tinggi. Seperti, lulusan vokasi Teknik Elektro yang wajib memiliki standar minimum pengetahuan keteknik elektroan, seperti rangkaian listrik, rangkaian elektronika, dan seterusnya. Sebagai suatu identitas, maka kompetensi ini haruslah tetap melekat kepada setiap individu lulusan setelah pendidikan diselesaikan. Penelitian ini menunjukan suatu pendekatan stake holder’s need di dalam memahami pentingnya kebutuhan kompetensi dasar bagi setiap lulusan vokasional teknik elektro-UNP. Data yang didapatkan selama penelitian didapatkan bahwa penguasaan seluruh kompetensi dasar oleh setiap lulusan akan memudahkan mereka di dalam menyelesaikan setiap persoalan pekerjaan yang berhubungan dengan bidang lulusan mereka, baik itu keterkaitannya sedikit ataupun banyak. Lebih lanjut lagi, lulusan-lulusan tersebut selalu mampu menyingkapi setiap permasalahan yang terjadi melalu pendekatan dasar dan ideal yang selalu menjadi ciri khas dari mata kuliah-mata kuliah kompetensi dasar. Dari hasil penelitan ini, tersimpulkan bahwa penting sekali untuk bisa dipastikan bahwa setiap kurikulum harus mampu memastikan bahwa kompetensi dasar yang ada di dalamnya akan tetap melekat di diri lulusan dan menjadi identitas kompetensi bagi mereka nantinya.

Keywords


curriculum, competencies, basic competencies, vocational electrical engineering

References


Universitas Negeri Padang, 2014, Buku Pedoman Akademik UNP, Padang.

Oemar Hamalik, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah dan Muh. Nasir Malik, 2015, Profil Kompetensi Kelistrikan berdasarkan Klasifikasi dan Kualifikasi Industri untuk Pengembangan Pendidikan dan Kejuruan, Jurnal Penelitian dan Evaluasi. 1, 78-88.

Lexy Moleong, 2011, Metodologi Penelitaian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moh. Nazir, 2011, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Johan dan Tri Rijanto, 2016, Sinkronisasi Kurikulum ; Studi Kasus Kurikulum Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Terhadap Kebutuhan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DU/DI), Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5, 777-783.

Mukhaiyar, Mukhaiyar, R., 2016, Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP Sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya., KONASPI VIII, 97-102.

Mukhaiyar., Utari, S., Mukhaiyar, R., 2016, English as a Second Language for an International Nursery Student in United Kingdom. The 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education, 107-114.

Sadarmayanti, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Mukhaiyar, R., Irfan, D., Frismelly, A., Utari, N., 2019, Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012013.

Mukhaiyar, R., Muskhir, M., Dolly, VP., 2019. Curriculum Evaluation based on AUN-QA Criterion for the Case Study of the Electrical Engineering Vocational and Educational (EEVE) Study Program. Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012039.

Mukhaiyar, R., Myori, DE., Utari, N., 2019, Reorganizing the Curriculum of the Study Programs of the Electrical Engineering Fields in Universitas Negeri Padang as Its Eminet Policy, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012043.


Article Metrics

 Abstract Views : 1610 times
 PDF Downloaded : 973 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.