Abstract
Kompetensi dasar merupakan identitas keahlian yang harus dimiliki oleh setiap lulusan, terutama lulusan pendidikan tinggi. Seperti, lulusan vokasi Teknik Elektro yang wajib memiliki standar minimum pengetahuan keteknik elektroan, seperti rangkaian listrik, rangkaian elektronika, dan seterusnya. Sebagai suatu identitas, maka kompetensi ini haruslah tetap melekat kepada setiap individu lulusan setelah pendidikan diselesaikan. Penelitian ini menunjukan suatu pendekatan stake holder’s need di dalam memahami pentingnya kebutuhan kompetensi dasar bagi setiap lulusan vokasional teknik elektro-UNP. Data yang didapatkan selama penelitian didapatkan bahwa penguasaan seluruh kompetensi dasar oleh setiap lulusan akan memudahkan mereka di dalam menyelesaikan setiap persoalan pekerjaan yang berhubungan dengan bidang lulusan mereka, baik itu keterkaitannya sedikit ataupun banyak. Lebih lanjut lagi, lulusan-lulusan tersebut selalu mampu menyingkapi setiap permasalahan yang terjadi melalu pendekatan dasar dan ideal yang selalu menjadi ciri khas dari mata kuliah-mata kuliah kompetensi dasar. Dari hasil penelitan ini, tersimpulkan bahwa penting sekali untuk bisa dipastikan bahwa setiap kurikulum harus mampu memastikan bahwa kompetensi dasar yang ada di dalamnya akan tetap melekat di diri lulusan dan menjadi identitas kompetensi bagi mereka nantinya.
Keywords
curriculum, competencies, basic competencies, vocational electrical engineering