Studi Hubungan Perilaku Guru SMK Teknik Listrik Dalam Pembelajaran Dengan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMKN 5 Padang)

Cindy Yulia Rezki(1), Riki Mukhaiyar(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107860

Full Text:    Language : in

Abstract


Perbedaan suasana belajar menyebabkan perbedaan motivasi belajar siswa pada saat proses pemebelajaran di masing-masing pembelajaran tersebut. Ada di suatu mata pelajaran siswa akan semangat dan termotivasi untuk belajar, tetapi di mata pelajaran lain siswa sangat bosan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa ini tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Mungkin saja salah satu hal yang mempengaruhinya adalah perilaku guru yang tidak disukai siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa studi korelasi yang akan melihat adakah hubungan yang signifikan antara perilaku guru dalam pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket yang dibagikan kepada siswa dan wawancara yang dilakukan dengan bebrapa guru mata pelajaran sebagai penguat hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Pada mata pelajaran gambar teknik listrik dengan koefisien korelasi yang didapat  sebesar  , berdasarkan tabel pedoman interpretasi nili koefisien korelasi dengan nilai 0,5020 termasuk kategori sedang. Selanjutnya Untuk nilai t hitung > t table (2,83> 1,711) dimana t tabel diperoleh pada α= 5% dengan (dk)= n-2=26-2=24, diperoleh untuk t tabel sebesar 1,711. Karena t hitung > t tabel, maka hipotesis diterima., (2) Untuk mata pelajaran dasar listrik dan elektronika nilai koefisien korelasi yang didapat yaitu , sesuai dengan tabel pedoman interpretasi (lampiran) termasuk kategori kuat. Dan untuk nilai t hitung > t tabel (2,45> 1,812) dimana t tabel diperoleh pada α= 5% dengan (dk)= n-2=12-2=10, diperoleh untuk t tabel sebesar 1,711 ). Karena t hitung > t tabel, maka hipotesis juga diterima, (3) Dan mata pelajaran pengukuran dasar listrik dan elektronika nilai koefisiennya tergolong pada kategori sedang berdasarkan tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi karena nilai yang didapat adalah 86. Untuk nilai t hitung > t tabel (1,916> 1,812) dimana t tabel diperoleh pada α= 5% dengan (dk)= n-2=12-2=10, diperoleh untuk t table sebesar 1,711 ). Karena t hitung > t tabel, maka hipotesis diterima. Dari ketiga hasil data di atas dengan keterangan hipotesis diterima disimpulkan benar adanya hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku guru dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa.. Hal ini pun dikuatkan dengan kesimpulan hasil wawancara dengan beberapa orang guru bahwa perilaku guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Keywords


teacher behavior in learning, student motivation

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Ningrat, Koendjara. 1992. Beberapa Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat.

Pasaribu dan Simanjuntak. 1993. Proses Belajar Mengajar. Bandung.

Rosdakarya. Saifullah, Ali. 1983. Antara Filsafat dan Pendidikan. Surabaya.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tarsito. Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja.

Undang- Undang SISDIKNAS. 2003. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta. Bumi aksara.

Usaha Nasional. Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Mukhaiyar, Mukhaiyar, R., 2016, Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP Sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya., KONASPI VIII, 97-102.

Mukhaiyar, R., Irfan, D., Frismelly, A., Utari, N., 2019, Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012013.

Mukhaiyar, R., Muskhir, M., Dolly, VP., 2019. Curriculum Evaluation based on AUN-QA Criterion for the Case Study of the Electrical Engineering Vocational and Educational (EEVE) Study Program. Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012039.

Mukhaiyar, R., Myori, DE., Utari, N., 2019, Reorganizing the Curriculum of the Study Programs of the Electrical Engineering Fields in Universitas Negeri Padang as Its Eminet Policy, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012043.

Mukhaiyar., Utari, S., Mukhaiyar, R., 2016, English as a Second Language for an International Nursery Student in United Kingdom. The 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education, 107-114.


Article Metrics

 Abstract Views : 868 times
 PDF Downloaded : 520 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.