Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penggunaan media E-Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PSPTE) Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PSPTE yang sudah pernah belajar menggunakan E-Learning pada semester Juli-Desember 2018 dengan jumlah 69 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan metode slavin, sehingga terdapat 40 responden untuk penelitian dan 29 responden untuk ujii coba instrumen. Instrument pada penelitian menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara penggunaan E-Learning dengan motivasi belajar mahasiswa yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.625. Nilai ini berarti memiliki hubungan yang tinggi. Selanjutnya dilakukan analisis regresi untuk melihat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran E-Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa dan di dapatkan koefisien regresi (x) sebesar 0,737. Nilai ini berarti bahwa setiap penambahan 1% nilai penggunaan media E-Learning maka nilai motivasi mahasiswa bertambah 0,737.
Keywords
References
I. Syarif, “Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK,” J. Pendidik. Vokasi, 2013.
S. R. Harandi, “Effects of e-learning on Students’ Motivation,” Procedia - Soc. Behav. Sci., 2015.
A. Suyitno, “Facebook Sebagai Media Kreatif E-Learning Untuk Distance Learning di Era Global,” in Makalah dipresentasikan di BPU DINAMIK7 UPI, 2012.
A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Y. Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2004.
N. Sudjana and A. Rivai, Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2001.
D. Darmawan, Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Z. Mawardi Effendi, H. Effendi, and H. Effendi, “The role of locus control and learning styles in the development of the blended learning model at PSU,” Int. J. GEOMATE, vol. 13, no. 7, pp. 75–80, 2017.
Wirawan, Evaluasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Y. Hendriyani and H. Effendi, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PEMOGRAMAN DI FAKULTAS TEKNIK UNP.”
S. B. Sjukur, “Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK,” J. Pendidik. Vokasi, 2013.
Article Metrics
Abstract Views : 24708 timesPDF Downloaded : 12752 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.