Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penggunaan media E-Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PSPTE) Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PSPTE yang sudah pernah belajar menggunakan E-Learning pada semester Juli-Desember 2018 dengan jumlah 69 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan metode slavin, sehingga terdapat 40 responden untuk penelitian dan 29 responden untuk ujii coba instrumen. Instrument pada penelitian menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara penggunaan E-Learning dengan motivasi belajar mahasiswa yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.625. Nilai ini berarti memiliki hubungan yang tinggi. Selanjutnya dilakukan analisis regresi untuk melihat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran E-Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa dan di dapatkan koefisien regresi (x) sebesar 0,737. Nilai ini berarti bahwa setiap penambahan 1% nilai penggunaan media E-Learning maka nilai motivasi mahasiswa bertambah 0,737.


Keywords


e-learning, motivation, correlation, regression