Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan di SDN 63 Surabayo, Kabupaten Agam, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, yang dilakukan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA, khususnya tema tentang Lingkungan Sahabat Kita. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perolehan hasil belajar. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada tahap prasiklus tercatat sebesar 63,92%. Skor tersebut mengalami peningkatan menjadi 78,67% pada akhir siklus I, dan meningkat lagi menjadi 86,83% pada akhir siklus II. Hasil observasi menunjukan bahwa penerapan model PBL membuat siswa lebih aktif belajar, berani dan mandiri dalam menyelesaikan masalah IPA yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

 

Kata Kunci: Model PBL, Hasil Belajar IPA, dan Penelitian Tindakan.

 

 

APPLICATION OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODELS

 IN A SAINTIFIC APPROACH TO INCREASE LEARNING RESULT

OF CLASS V SDN 63 SURABAYO

 

Abstract:

This study aims to improve science learning outcomes by applying the model of Problem Based Learning (PBL). Research conducted at SDN 63 Surabayo, Agam regency, with fifth grade students study subjects totaling 24 students. This research is an action using a model Kemmis and Mc.Taggart, conducted over two cycles. Each cycle consisted of planning, implementation of action, observation, and reflection action. The process of data collection is done through test results of study, observation, and documentation. The results showed an increase in science learning outcomes, particularly the theme of Environment Our Friends. This is evidenced by an increase in the acquisition of learning outcomes. The average score of student learning outcomes at prasiklus stage was recorded at 63.92%. The score increased to 78.67% at the end of the first cycle, and increased to 86.83% at the end of the second cycle. The observation result shows that the application of the model PBL make students more active learning, courageous and independent in solving issues related to science student's daily life.

 

Keywords: Model PBL, Science Learning Outcomes, and Action Research.