Pengaruh Language Experience Approach Berbantuan Media BigBook Terhadap Peningkatan Literasi Awal Siswa Sekolah Dasar

Indah Nurmahanani(1),
(1) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i2.130808

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa membaca permulaan sebelum menggunakan language experience approach berbantuan media bigbook; kemampuan siswa untuk membaca permulaan setelah menggunakan language experience approach berbantuan media bigbook; dan pengaruh language experience approach berbantuan media bigbook terhadap kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Sampel penelitian adalah siswa kelas II SD di Purwakarta, dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang tidak   sebanding dengan kelompok kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental non-equivalent control group design, dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SD di Purwakarta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) nilai rata-rata pada pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol berkategori rendah, dan tidak tada perbedaan nilai rata-ratanya;2) setelah diterapkan language experience approach berbantuan media gambar berseri, terdapat perbedaan pada hasil posttest kelas eskperimen dan kelas kontrol. Kemudian terdapat peningkatan nilai posttest pada kelas eskperimen. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial, namun nilai rata-rata masih berkategori rendah; 3) Terdapat pengaruh yang kuat terhadap kemampuan membaca permulaan siswa setelah menerapkan language experience approach berbantuan media bigbook.


Keywords


Kemampuan Pembaca Permulaan ; Language Experience Approach ; Bigbook ; Literasi Awal

References


Al Fuad, Z., Helminsyah, H., & Subhananto, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Montase Kreatif Dengan Teknik Lihat, Gunting, Tempel, Dan Ceritakan (LGTC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Visipena, 8(2).

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat. Pers.

Budi, Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 2.

Gerlach, V.G. & Ely, D.P. 1971. Teaching and Media. A Systematic Approach. Englewood Cliffs: Pentice Hall Inc

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Kustanti, D. (2016). Kesulitan dan solusi pembelajaran english reading text. Jurnal al-Tsaqafa, 13(1).

Maulani, S. 2014. Penerapan Pembelajaran dengan Language Experience Approach dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Membaca Dini pada Anak. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. Volume 2. Nomor 3 2014.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Sudjana 2009. Penelitian Proses Motivasi belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R n D. Bandung: Alfabeta, cet.18

Sulaiman, Usman. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Big Book dalam Pembelajaran terhadap Keterampilan Literasi SIswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banra-Banteng Makasar. Jurnal al-kalam. Vol. IX No. 2 2017.

Suparti. (2022). Membangun Karakter Peserta Didik Mampu Berbahasa melalui Pembelajaran Language Experience Approach. (UPBJJ-UT Surabaya)

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zaki, Helminsyah. (2018). Language Experience Approach sebuah Pendekatan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Vol. 5, No.2, ejournal.bbg.ac.id.


Article Metrics

 Abstract Views : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.