Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Islam Terpadu Syifaurrahmah
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Kota Medan  Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Kota Medan  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i2.129775
Full Text: Language : ind
Abstract
Keywords
References
Antika, July, rustam, and lailatun nur kamalia (2023). Kesulitan Siswa Kelas 3 dalam Pemecahan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar di Sekolah MIN 9 Medan. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(5), 70–80.
Destiara, D., Handayani, & Setiawati, T. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Papan Berpaku (GEOBOARD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(3), 263–273. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Fauziah, R. (2020). Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SLB C1 Putera Asih Kediri. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 68–73. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2299
Fauziah Zaelani, H., Turmudi, & Mustikaati, W. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 246–251.
Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Wulandari, S., Lusyana, STIT Muhammadiyah Tempurejo Ngawi, M., & STIT Muhammadiyah Tempurejo Ngawi, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Strategi Media Kartu Kata Siswa Kelas 1 Mi Yaspi 6 Bayemrejo Tahun Pelajaran. 1(2), 2023.
Harahap, Magdalena, M., Suparni, S., Endayana, B., & Nursyaidah, N. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas IV-A MIN 1 Padangsidimpuan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 239–248.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, S. A. (2022). Pengembangan media uno math untuk mengukur pemahaman konsep luas bangun datar. Jurnal All Fields of Science J-LAS, 2(1), 209–217. http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS
Humairoh, & Nurfauzzyah. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Papan Berpaku Pada Materi Geometri Bangun Datar Di Kelas V SDN 054942 Tegal Rejo. 2, 60–64.
Hutagaol, Nyama, & Warkintin, W. (2019). Pengembangan Alat Peraga Papan Berpaku Matematika Kelas Iii Sdn 29 Sungai Puang. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.497
Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
Lestari, M. (2021). Penerapan Media Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Bangun Datar Di Kelas Ii Sd It Kayyasah Kota Lama. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 184–189. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.250
Mardianto, Anas, N., Baniah, & Sadat, M. A. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.56
Mufarida, I. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Geoboard Materi Bangun Datar Kelas Ii Sdn Gebang 1. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Mutia, C. M., Nasution, S., & Rambe, R. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Batang Perkalian Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SDN 2 Lawe Hijo Kabupaten Aceh Tenggara. 1(5).
Pohan, & Asrul (2023). Application development of dictionary of mathematical terms as a learning medium. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 48–59. https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2111
Putri Pramestia Ningrum, & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS Dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–262. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmadani, A., & Wandini R. (2023). Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Datar di SDN UPT 060909 Medan Denai. 7, 29924–29929.
Rambe, A. H., Aufa, A., Gustiani, G., Mawaddah, M., & ... (2022). Sharing Media Pembelajaran Kreatif antara Mahasiswa dan Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 1607–1611. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3169%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3169/2660
Richsan, Siregar, D. S., & Maysarah, S. (n.d.). Pendidikan Matematika Uinsu Medan Terhadap Analysis of Conceptual Understanding of Math Education Student of Uinsu Medan on Group. 11(1), 49–60.
Rosyana, T., Nurjana, A., & Kadarisma, G. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Papan Berpaku Bagi Guru Sekolah DaSar Di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 3(1), 74–84.
Sabil, H., Robiansah, M. A., Dewa, M., Damayanti, L., Kiska, N., & Silvia, N. (2021). Media Geoboard Online Meningkatkan Pemahaman Konsep Bentuk Datar Dua Dimensi pada Siswa Sekolah Dasar. 685–691.
Safitri, T. R. (2021). Keefektifan Model Ctl Berbantuan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 10(3), 147–152. https://doi.org/10.15294/jlj.v10i3.40084
Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845
Simbolon, Sapri, & (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081
Siregar, Ammamiarihta, & Rohimah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Drill and Practice. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 106–119.
Siregar, & Hasanah, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Program Studi PGSD. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(02), 199–212. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2773
Ulfa, N. (2019). Penggunaan media geoboard (papan berpaku) melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD ( student team achievement divisions) untuk meningkatkan pemahaman konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Gondanglegi TP 2017-2018. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 38–48. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1575/985
Yusnaldi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menyimak Di Pgmi Uin Sumatera Utara. Nizhamiyah, VIII(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/398
Article Metrics
Abstract Views : 53 timesPDF Downloaded : 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.