Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membangun Kreativitas Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.127657
Full Text: Language : ind
Abstract
Keywords
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). CV. Syakir Media Press.
Afriatmei, F., Makki, M., & Syahrul Jiwandono, I. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. 9(3), 1286–1292. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5289
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Anang, A. M., Fathoni, A., Wulandari, M. D., Prastiwi, Y., & Rahmawati, L. E. (2023). Strengthening the Profile of Pancasila Students Based on Local Wisdom Through the Making of Jumputan Batik Fabric in Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3605–3616. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.2986
Arifah, N. A., & Utami, R. D. (2023). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. 27–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10990
Astuti, A. (2023). Pelaksanaan Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka Di SD Marsudirini Gedangan Semarang. 2(1), 126–145. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/lumen.v2i1.151
Atieka, T. A., & Budiana, I. (2019). Peran Pendidikan Karakter dan Kreativitas Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 331–341. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.76
Febriani, V. N., Rusfa, I. R., Azizah, S. N., Utami Dyah Utami, S. J., Handayani, T., & Rebianto, S. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila bagi Siswa SB Kuala Langat Malaysia. 155–163. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.75
Ferdiansyah, D., & Kaltsum, H. U. (2023). Teacher’s Strategy in Growing Student Creativity through the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.55198
Gafour, O. W. A., & Gafour, W. A. S. (2021). Creative Thinking skills-A Review article. Journal of Education and E-Learning, 4(1), 44–58. https://www.researchgate.net/profile/Walid-Gafour/publication/349003763_Creative_Thinking_skills_-A_Review_article/links/601aa8bf299bf1cc269e39b1/Creative-Thinking-skills-A-Review-article.pdf
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Ikhsan, M., & Tonra, W. S. (2021). Pengenalan Ecobrick di Sekolah Sebagai Upaya Penanggulangan Masalah Sampah. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.51574/patikala.v1i1.95
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
Khairunisa, L., & Utami, R. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar How to cite. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 262–273. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.123131
Lestari, I., & Zakiah, L. (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran (Erminawati (ed.); Issue Juni). Erzatama Karya Abadi.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Ummat Abdimas Mandalika, 2(2), 85–90. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 6(1), 14–21. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/453
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Minsih, Fuadi, D., & Rohmah, N. D. (2023). Character Education Through an Independent Curriculum. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 597–602. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2812
Minsih, Utami, R. D., & Kultsum, H. U. (2015). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru, Siswa dan Orang Tua dalam Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1(2), 1–14. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=vIrNAmUAAAAJ&cstart=100&pagesize=100&sortby=pubdate&citation_for_view=vIrNAmUAAAAJ:vRqMK49ujn8C
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–261. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148
Putri, F. D. D. K., & Kaltsum, H. U. (2022). The Principal’s Leadership Role in Implementation of the Independent Curriculum in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 680–688. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.55897
Putri, R. M., & Minsih. (2023). Strengthening the Profile of Pancasila Students through Extracurricular Scouts in Elementary Schools. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(2), 255–262. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v6i2.60750
Qomariah, A. C., & Hidayati, Y. M. (2023). The Urgency of Strengthening Profile of Pancasila Student in the Digital Era. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_6
Safitri, M. L. O., Fathurohman, A., & Hermawan, R. (2023). Teacher’s Perception of the Profile of Pancasila Students in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 75. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122118
Saputra, R., Rochmiyati, S., & Havifah Cahyo Khosiyono, B. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 10(1), 87–98. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4077
Sari, A., Maskhuriyah, D. El, Fatchan, E. G., Murti, V. S., & Maulidia, W. (2022). Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Snhrp, 4(April), 1068–1074. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/433
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Sidig, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In M. A. Dr. Mujahidin, Anwar (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/.pdf1/Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendididkan
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Suryaningsih, M. R., & Desstya, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 12–16. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10961
Suwarno Putri, Y. D., Khaerunisah, A., Astuti, D., Septiana, Alfiani, T., Fakhiroh, Z., & Ayunda Febrianti, A. (2023). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Elementary School. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.61227/jetti.v1i1.3
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Wahyuni, W. R., Rohmanurmeta, F. M., & Rahmantika, F. (2023). Penggunaan Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Siswa Kelas IV SDN Ngariboyo 3 Magetan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 964–967. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76–87. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/40807
Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582
Article Metrics
Abstract Views : 210 timesPDF Downloaded : 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.