Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Metode Stemmatics terhadap Pemahaman Konsep Operasi Perkalian di Sekolah Dasar
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126932
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Filahanasari, E., Fitriyani, N. H., & Putri, S. R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 03 Tiumang. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 133. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.118119
Hasibuan, L. K., Putri, J. S., Pulungan, F. M., & ... (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematica Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas III SD Negeri 0402 Hurung Jilok dengan Menggunakan …. Jurnal Pendidikan …, 6, 13101–13105.
Hidayati, N., Anisah, N. K., Syarif, N. R., & Shanti, W. N. (2019). Pembelajaran lidimatika untuk meningkatkan kemampuan siswa sd dalam operasi perkalian. 5(1), 55–63. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Isrok’atun. (2021). Memahami Konsep Dasar Matematika untuk PGSD.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.
Khairani, V. F., Yusepa, B., Putra, G., & Pasundan, U. (2020). Siswa Sma Melalui Model Pembelajaran Matematika. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(1), 1–16.
Lestari, S. (2022). Kesehatan Mental Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1349–1358.
Marcellyna, M., & Desyandri, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Sistem Flipped Classroom Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 217. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1.114570
Mariana, N., Sary, R. M., & Fajriah, K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Pembagian Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Sendika, 4(1), 120–130.
Nasrul Naufal, Siti Kurnia, Aulia Khairunnisa, Sadiah, L. H., Nurul Hidayati, Chelsi Ariati, Hanne Ayuningtias Elsa, & Suhendra. (2023). Pembelajaran Operasi Perkalian Menggunakan Metode Jarimatika dan Lidimatika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 47–54. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1218
Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941
Novia, P. N., Rahayu, N. P., & Yoga, J. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. PI-MATH-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1–10.
Nurfalah, E., Irawati, R., & Isrok’atun. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media “Bocah Unik” Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 951–960.
Nuriza, K. I. (2022). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Konteks Application of Indonesian Realistic Mathematics Education ( PMRI ) to Improve Mathemat. Al-Adawat, 1(2), 88–97.
Pratiwi, A., & Disurya, R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Hitung Perkalian Kelas Iii Sd Negeri 17 Rantau Bayur. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 89–101.
Rifanti, V. N., Nasaruddin, N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas Iii Sd It Samawa Cendekia. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 121–136. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/97
Riskayanti, I. (2023). MODEL RME (Realistic Mathematic Education) Untuk Mengetahui Gambaran Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas Ii Sd. COLLASE (Creative of Learning Students …, 06(04), 773–779. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/15440
Rismen, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Lemma, 7(2), 24–32. https://doi.org/10.22202/jl.2021.v7i2.4911
Sastia, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1132
Siti Apsoh, Awan Setiawan, & Susanti, S. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Daring. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.55784/jupenji.vol1.iss2.199
Titis, M., Ati, L., Handayani, S., & Rizkasari, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Lidimatika terhadap Hasil Belajar Perkalian Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Sambirejo Surakarta Tahun Ajaran 2022 / 2023. 7, 18292–18296.
Article Metrics
Abstract Views : 179 timesPDF Downloaded : 66 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.