Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126292
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Keywords
References
Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
Aulia, R., & Wandini, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4034–4040. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13889
Fidya, I., Romdanih, & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 219–227.
Habibi, M. . C., Zikri, A., Chandra, Suriani, A., & Azima, N. F. (2023). Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3004–3019. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8193
Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Anggita, D. (2019). Scaffolding dalam Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.
Kasa, B., Taneo, S. P., Lehan, A. A. D., Benu, A. B. N., & Bulu, V. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring (Online) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Haumeni Journal of Education, 1(2), 154–159. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/haumeni.v1i2.5902
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press.
Nurfadhillah, S., Tantular, L. D., Syafitri, H. A., Fauzan, M. I., & Universitas, A. S. H. (2021). Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point pada Pembelajaran. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 267–279.
Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737
Permana, S. P., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Rahim, F. R., Festiyed, Yohandri, Yulkifli, & Djamas, D. (2017). Studi Pengalaman Guru-Guru MTSN 6 Pesisir Selatan dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah guna Meningkatan Iptek Masyarakat serta Mewujudkan Guru yang Profesional. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 80–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.64
Rapono, M., Safrial, S., & Wijaya, C. (2019). Urgensi Penyusunan Tes Hasil Belajar: Upaya Menemukan Formulasi Tes yang Baik dan Benar. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 95–104. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12227
Rusdyani, D., & Reinita. (2023). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 274–285. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.122956
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 pada Materi Ekosistem untuk Siswa SMA. Biodik, 5(2), 131–138. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Prenada Media Group.
Sari, J., Feniareny, Hermansah, B., & Prasrihamni, M. (2023). Pengaruh Media Konkret terhadap Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 15–24. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120317
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Sholikhah, A. R., & Suprayitno. (2022). Pengembangan Media Saku Unik Peran Indonesia (Superindo) Materi Peran Indonesia dalam ASEAN Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 1–14.
Sofiasyari, I., Kurniawati, I., & Guntur, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 174–183. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.119820
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi pada Mata Pelajaran PAI di Tingkat Pendidikan Dasar. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v7i1.2024
Surahmawan, A. N. I., Arumawati, D. Y., Palupi, L. R., Widyaningrum, R., & Cahyani, V. P. (2021). Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 95–105.
Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.
Zaenatun, A., Setiani, A. A., Farrah, R., Widyastuti, R., & Aeni, A. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.115170
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.