Implementasi Pembelajaran Pantun di Sekolah Dasar dengan Media Poketun Berbasis Android
(1) Universitas Bale Bandung, Kota Bandung  Indonesia
(2) Telkom University, Kota Bandung  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126131
Full Text: Language : ind
Abstract
Keywords
References
Adesti, A., & Nurkholimah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Aeni, A. N., Maulana, M., Akbar, K. A., & Hafidz, A. N. (2023). Penggunaan Aplikasi CERAH DENTAL (Cerdas Beribadah dengan Digital) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 222–236. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Afif, M., & Haryudo, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 437–443.
Ali, S. M., Yunus, K., Alshaikhi, T., & Aliia, A. M. (2024). The use of digital learning in the EFL classroom and its effect on self-perceived knowledge, learning, and English use at the University of Tabuk. E-Learning and Digital Media. https://doi.org/10.1177/20427530241229125
Amelia, V., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 88. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112274
Anditasari, R., Martutik, & Andajani, K. (2018). Pengembangan Media Berbasis Permainan Edukatif pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan, 3(1), 107–144.
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Azis, A. S. (2014). Cerita Rakyat Salah Satu Media Pembelajran Sastra Anak Lintas Kurikulum. Bastra, 1(1), 97–104.
Eliyasni, R., Habibi, M., Rahmatina, & Azima, N. F. (2021). E-Module Flipbook Model for Designing E-Learning Materials in Higher Education. Proceedings of the 2nd Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2020), 563(2), 17–23. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210618.004
Eom, S. (2023). The effects of the use of mobile devices on the E-learning process and perceived learning outcomes in university online education. E-Learning and Digital Media, 20(1), 80–101. https://doi.org/10.1177/20427530221107775
Gunawan, V. A., Saefulloh, A., Sandy, L., & Putra, A. (2021). Desain Fitur Aplikasi E-Learning Penunjang Pembelajaran Berbasis Android. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 7(3), 314–321.
Habibi, M. . C., Zikri, A., Chandra, Suriani, A., & Azima, N. F. (2023). Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3004–3019. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8193
Habibi, M., Chandra, C., Mahyuddin, R., & Hendri, S. (2018). Validity of Teaching Materials for Writing Poetry Based on Creative Techniques in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 145–154. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i3.14501
Habibi, M., Sukma, E., Chandra, C., Suriani, A., & Fadillah, N. (2020). Models of Literacy Media in Improving Reading Skill of Early Grade Students. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290809
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Krissandi, A. D. S., Febriyanto, B., Setiawan, K. A. C., & Radityo, D. (2018). Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak (D. Radityo (ed.)). Bakul Buku Indonesia.
Lama, S. (2024). Analysis of student perceptions relating to satisfaction from online learning during COVID-19 in Sikkim, India: The mediating role of motivation and attitude, and the moderating role of constraints. E-Learning and Digital Media. https://doi.org/10.1177/20427530241229119
Lee, A. Y. L. (2016). Media education in the School 2.0 era: Teaching media literacy through laptop computers and iPads. Global Media and China, 1(4), 435–449. https://doi.org/10.1177/2059436416667129
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.
Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Students’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and Development Research. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203826034
Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
Saragih, S., & Lubis, H. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran yang Menarik. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/taz.v7i1.265
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 43–48.
Taufik, I. N. (2021). The Level of Ability of Public Elementary School Teachers in Use Digital Technology-Based Learning Media during the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3210–3219.
Taufik, I. N. (2022). Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 05(03), 531–538. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.10910
Taufik, I. N. (2023a). Development of Augmented Reality-Based Pocket Book Pantun (Poketun) Media for Elementary School Students. International Conference on Education 2022, 120–130. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-020-6_13
Taufik, I. N. (2023b). Khazanah Pantun Nusantara (Suatu Tinjauan Teoretis, Jenis, dan Contoh). CV Dida.
Usmeldi. (2015). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Autorun untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya 2015, 28–35.
Wicaksono, M. A., Sihkabuden, & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran yang Berupa Suplement pada Muatan Lokal Khas Ngawi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 133–140.
Article Metrics
Abstract Views : 188 timesPDF Downloaded : 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.