The Problematic Use of Open-Ended Approach in Mathematics Learning in Elementary School
(1) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.122848
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Aedi, W. G. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.691
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. BASICEDU, 5(4), 2415. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241
Apriadi, R. (2023). Strategi Guru Dalam Membina Karakter Disiplin Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Kepau Jaya. 7, 250–261.
Aras, I., & Tarakan, U. B. (2021). Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Open-. January. https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1005
Dwipayana, I. K. A. A., Parmiti, D. P., & Dwiputra, K. S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journalof Education Technology, 2(3), 87.
Faozan Ahmad. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik,... - Google Books. https://www.google.co.id/books
Febriani, R., Syarifuddin, H., & Marlina, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.582
Guntur, M., & Aliyyatunnisa, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif , Kritis , dan Komunikasi Matematika Siswa dalam Academic-Contructive Controversy ( AC ). 3, 385–392.
Halimah, L. I. M. (2022). Project Based Learning - PT. Refika Aditama. https://refika.co.id/585-project-based-learning.html
Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331
Happy, P. N., Joko, S., & Damayani, A. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Open Ended Pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VI di SDN Bugangan 03 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v1i1.1113
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.
Hendriani, M., & S, N. (2023). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.199
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 136–142. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377
Lailatul Auliah, Syaiful, S. (2020). Modul, Pengembangan Pembelajaran, Digital Berbasis, Matematika Open, Pendekatan Untuk, Ended Kemampuan, Meningkatkan. 11(1), 13–24.
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226
Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 171. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7504
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. https://books.google.co.id/books
Murdiana, Rahmat Jumri, & Boby Engga Putra Damara. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 153–160. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0APengembangan
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546–551.
Putu, N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9, 50–61. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pendekatan Open–Ended dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
Rahmadani, E. (2020). Penerapan Pendekatan Open Ended Problems Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 46–53. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.59
Samaratungga, F. M., Manik, S. R. K., & Millennium, M. N. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 273–278. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.63
Scoring, C. H. (2008). New Jersey Assessment of Skills and Knowledge A Mathematics Manual Open-Ended Questions Grade 3 and Grade 4 Guide to Criterion-Based Holistic Scoring : Mathematics.
Sihombing, L. N., Napitupulu, R. P., & Simangunsong, R. (2021). Pengaruh Pendekatan Open Ended Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 162–179. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1646
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33
Situmorang, A. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Sepren, 4(01), 74–80.
Sulianto, J., Sunardi, S., Anitah, S., & Gunarhadi, G. (2019). Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(4), 396. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21312
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika. IKIP Bandung.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Wahyudi, I., & Marsidin, S. (2019). Jpengaruh Pendekatan Open Ended Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas V Sd. Jurnal Basicedu, 3(3), 924–928.
Wahyuni, D., & Palupi, B. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Soal Open-Ended. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 76–83. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.30
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
Article Metrics
Abstract Views : 104 timesPDF Downloaded : 43 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.