Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122572
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Ahmadi & Amri, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Alwi, N. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1322-1339.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di se kolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).
Budiningsih, A. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafiah, N. & Cucu, S. (2013). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kadir & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih & Sani, B. (2014). Strategi – Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Markaban. (2016). Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Muhammadi, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas III SDN 06 Padang Birik-Birik Kota Pariaman. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3307-3318.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya. Ngalim, P. (2016). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Ningsih Y.(2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Type Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas V SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi, Journal of Basic Education Dtudies, 5(1), 921-929.
Ningsih Y., Andika, R.,Sari, I. K., Ahmad, S., & Kenedi, A. K. (2019, October). The application think pair share in leraning mathematic. In Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, 2019. p. 022092
Ningsih, Y. (2019). The Use of Cooperative Learning Models Think Pair Share in Mathematics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012144). IOP Publishing.
Permendikbud No. 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.
Prabowo. (2012). Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Unesa : LPM Unesa.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmat, K. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu; Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sakinah, N., & Ningsih, Y.(2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V SDN 16 Pandai Sikek Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2), 15048-15055.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sari, N. A., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572-1582.
Article Metrics
Abstract Views : 98 timesPDF Downloaded : 54 times
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.