Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 20 Muara Jambu, Kabupaten Pesisir Selatan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113318
Full Text: Language : ina
Abstract
Keywords
References
AAl-Tabany, T.I.B. 2015. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta : Prenadamedia Group.
Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Desyandri, Mansurdin, Taufina, Arwin, & Tamara, Y. M. C. (2019). Analysis of the Mastery of the Nusantara Songs in 4th Grade Elementary School Students. Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 382(Icet), 482–485. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.122
Desyandri, & Maulani, P. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 58–67. http://103.216.87.80/index.php/jippsd/article/view/107576/102966
Desyandri, Muhammadi, Mansurdin, & Fahmi, R. (2019). Development of Integrated Thematic Teaching Material Used Discovery Learning Model in V Grade Elementary School. Jurnal Konseling Dan Pendidiikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/129400
Faisal. 2014. Sukses Mengawali Kurikulum 2013 di SD Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Diandra Creative
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia
Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: GP Press Group.
Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kadir, Abd & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Depdikbud
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Kencana.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pelangi. Vol.9 (No.2 2017), 108-112.
Lena, M. S, dkk. (2019). Metode Penelitian. Malang: CV IRDH
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ma’ruf, I, M., Kristin, F., Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4. Jurnal Basicedu (Vol 3 No 2), 306-312.
Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rumini & Wardani, N. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 SDN Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati. Jurnal Program Studi PGSD FKIP (Vol 6 No 1), 19-40.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumantri, M.S. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tabany, Trianto. I. B. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Taufina Taufik, dkk. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press
Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Trianto. 2010. Desain Pengembangkan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana
Wandini, R.R dan Sinaga, M.R. 2018. Games Pak Pos Membawa Surat pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 06 (01), 1-12. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah.
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metoe Mengajar Siswa di Luar Kelas. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA
Winaya, K., Suarjana, M., Mahadewi, P, P, L. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 Kelas IV SD No. 4 Banyuasri. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Vol 3 No 1).
Windarti, Yulita., Slameto., S, Widyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter (Vol 1 No 1), 150-155.
Yatmini. 2016. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun 2016/2017 di SD Negeri Model Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education Volume 2 No. 02
Article Metrics
Abstract Views : 329 timesPDF Downloaded : 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.