Implementasi Budaya Melayu Jambi Melalui Mata Kuliah Pengenalan Adat Melayu Jambi pada Mahasiswa PGSD Universitas Jambi
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(3) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(4) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(5) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(6) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(7) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(8) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(9) Universitas Jambi 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107404
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Keywords
References
Anderson, I. (2017). Implementasi Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 107-123.
Armida, A. (2010). Eksistensi Lembaga Adat: Studi Kasus Lembaga Adat Melayu Jambi Tanah Pilih Pasko Batuah Kota Jambi dan Tinjauan Kritis Terhadap Perda No. 5 Tahun 2007. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 25(1).
Gumilang, G.S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, E. P. (2015). Deskripsi Fonetis Bahasa Melayu Dialek Seberang Kota. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2).
Karim, M. (2017). Seloko Adat Ulur Antar Serah Terima Adat Pada Pernikahan Adat Melayu Jambi: Kajian Bentuk dan Fungsi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(2).
Kuntarto, E., & Sugandi, S. (2018). Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Diniyah Al-Azhar Kota jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 220-238.
Marnelly, T. R. (2018). Dinamika Sosial Budaya Masyarakat Melayu Pesisir (Studi Pengelolaan Madu Sialang di Desa Rawa Mekar Jaya). Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 19(2), 149-154.
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72-89.
Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38.
Moloeng. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prayogi, A. (2016). Dinamika Identitas Budaya Melayu dalam Tinjauan Arkeo-Antropologis. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 16(1), 1-20.
Ramli, S., & Fatonah, F. (2017). Peranan Lembaga Adat Dalam Melestarikan Budaya Melayu Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 1(2), 191-203.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunandar, S. (2015). Melayu Dalam Tantangan Globalisasi: Refleksi Sejarah dan Berubahnya Sistem Referensi Budaya. Khatulistiwa, 5(1).
Suwondo. (1997). Adat Istiadat Daerah Jambi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Yantoro, Y. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Di Universitas Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 76-99.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.