Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar
(1) Univesitas Muhammadiyah Sukabumi  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.102887
Full Text: Language : en
Abstract
The purpose of this research is to describe the improvement of concept understandingof scince subject through Experiment method of students low class. The type of research was Classroom Action Research (CAR) which was the design using Kemmis’s model and Mc Taggart for two cycle. The population if this research was the third class for 24 students. Data collection of this research was using test, observation, and field’s note. The result of pre-cycle got 21% for concept understanding as clasical, it has the improrement of cycle I which was got 55% and for cycle II got 92%. The conclusion of this research is that the application of eksperiment method can improve studentd’s concept understanding of studying scince of low class in academic year 2018/2019.
Keywords
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Desyandri, & Maulani, P. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 58–67. http://103.216.87.80/index.php/jippsd/article/view/107576/102966
Dionisia, Indriati. (2012) “ Menigkatkan hasil Belajar IPA Konsep Cahaya melalui Pembelajaran Science Educatainment Berbantu Media Animasi “. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 1,(2),6
Irham M, wiyani. (2017). Psikologi pendidikan. Jogjakarta:AR- RUZZ MEDIA
Kholifudin, M.Y.(2012).Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng & DIY. Hlm, 147-152
Miaz, Y., Helsa, Y., Desyandri, & Febrianto, R. (2018). Cartography in designing digital map using Adobe Flash CS6. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012069
Nurjanah. (2016 )” Peningkatan hasil Belajar IPA dengan menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare”. Junal Publikasi Pendidikan.
Prasetyarini, A dkk. (2012). “Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa SMPN 1 Bulu Pesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan Fisika.2, (1), 7-10
Septriani.N, dkk.(2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol:3(3)
Suciani, L.A.(2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau Dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif. Vol:7(1)
Supranoto, H.(2015). Penerapan Lessson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagodik Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Vol:3(2)
Taniredja T, Pujiati I, Nyata. (2013) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta Ujeng,dkk.(2009). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif. Vol:4(6)
Wulandari.B..dkk.(2015). “Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Dalam TIM Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Jurnal Electronic, Informatic, and Vocational Education (ELINVO). Vol:1(1)
Article Metrics
Abstract Views : 3325 timesPDF (87-97) Downloaded : 1074 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.