Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Grafis dan Matematis Model ADDIE Pada Pembelajaran Teori Ekonomi Mikro
(1) Universitas Siliwangi  Indonesia
(2) Universitas Siliwangi  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/011230020
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Ahman, E & Rohmana, Y. (2012). Teori Ekonomi Mikro, Suatu Pengantar. Bandung: Rizqy Press
Charles Ballard & Marianne Johnson (2005). Gender, Expectations,and Grades in Introductory Microeconomics ata US University.Feminist Economics,11:1, 95-122,
Charles L. Ballard and Marianne F. Johnson. (2004). Basic Math Skills and Performance in an Introductory Economics Class. Taylor & Francis, Ltd. Diakses pada http://www.jstor.org/stable/30042570
Bousiou-Despina Makridou. (2006). Gender Differences in Economic Knowledge In Greece. International Business & Economics Research Journal. November 2006 Volume 5, Number 11
Disman. (2022). Penelitian dan pengembangan (Research and Development). SPs UPI: Tidak diterbitkan. Disampaikan dalam Diskusi dan Kuliah Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Program Magister Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. 9 oktober 2022.
Elchanan Cohn, Sharon Cohn, Donald C. Balch & James Bradley Jr. (2010). The Effects of Mathematics Background on Student Learning in Principles of Economics., DOI: 10.1080/08832329809601655. Diakse http://dx.doi.org/10.1080/08832329809601655
Ferdianto, dkk. (2018). Uji Komparasi Antara Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Yang Berasal Dari Lulusan Sma Ipa Dan Bukan Ipa Pada Mata Kuliah Kalkulus Iii Di Unswagati Cirebon. Jurnal Euclid. Volume 2 nomor 1 pp 137-238.
Foryjati, Rr and Anas, M and Rosidhah, Eny (2020). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Ekonomi Mikro Dengan Model Addie. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi. pp. 265-273.
Griffin, P., McGaw, B. and Care, E. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht, NL, Springer.
Hakim, AF. (2018). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional Pada Materi Perekonomian Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 7,Nomor 3, tahun 2018, 204-212.
Hamni Fadlilah Nasution. Urgensi Kemampuan Matematis Dalam Menganalisis Teori-Teori Ekonomi. AL-MASHARIF Volume 3, No. 2, Juli-Desember 2015. 100-113
Hasmidyani, Dwi, Firmansyah. Pendekatan scaffolding sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. JURNAL PROFIT: KAJIAN PENDIDIKAN EKONOMI DAN ILMU EKONOMI, [s.l.], v. 3, n. 1, p. 87-100, may 2018. ISSN 2620-8504.
Hidayat, T dan Astuti, Rika. (2018). Team Assisted Individualization Berbasis Penyelesaian Masalah: Metode Baru Dalam Pembelajaran Teori Ekonomi Mikro. JPIS Volume 28, Nomor 2. Desember 2018. E-ISSN: 2541-4569.
I Made Tegeh, I Made Kirna. (2013) Pengembangan bahan ajar metode penelitian Pendidikan dengan ADDIE model. ISSN 1829-5282.
Isran, Dodi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Triad Level ++ terhadap Kemampuan Matematika Ekonomi Mahasisiwa STIESNU Bengkulu. Jurnal Aghinya STIESNU Bengkulu, Volume 4 Nomor 1, Jnauari-Juni 2021, E-ISSN 2621-8348
Ivo J. M. Arnold & Wietske Rowaan. (2014) First-Year Study Success in Economics and Econometrics: The Role of Gender, Motivation, and Math Skills, The Journal of Economic Education, 45:1, 25-35, DOI: 10.1080/00220485.2014.
Ivo J. M. Arnold a & Jerry T. Straten. (2012). Motivation and Math Skills as Determinants of First-Year Performance in Economics. http://dx.doi.org/10.1080/00220485.2012.636709
Kuswanto (2021) Kontribusi Matematika Ekonomi dalam Pembelajaran Teori Ekonomi Mikro. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 106-115.
Marianne Johnson dan Eric Kuennen. (2006). on-line mathematics reviews and Performance in introductory Microeconomics. Journal of Economics and Economic Education Research, Volume 7, Number 2, 2006
Melis, M. (2018). Perspektif Gender: Pengaruh Intelligence Quotient Terhadap Pemahaman Mata Kuliah Ekonomi Mikro Islam (Studi Empiris Di Kampus Stebis Igm Palembang). An Nisa’a, 13(1), PDF. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/annisa/article/view/2506
Nancy Angko, Mustaji. (2013). Pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE Untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS mawar sharon Surabaya. Jurnal KWANGSAN Vol. I - Nomor 1, September 2013
Nihayah, Zulfa. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Tablet Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016 – 2017. Skripsi: UMS
Nudianti, Deti dan Sudiapermana, Elih. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling. Volume 3, nomor 1, 2020, pp 34-40. E-ISSN: 2622-8076.
Pamungkas, PWG dan Ghofur, M (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Word Search Puzzle Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X pada Saat Pandemi Covid-19 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1464
Perwita, D., Widuri, R., Afif, N.C., (2022). Penerapan Integrated Video Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Mikro II. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7 (1) DOI : 10.31932/jpe.v7i1.1497
Radiman (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Ekonomi Mikro Melalui Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Metode Peer Lessons Di Program Studi Manajemen. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS Vol. 17, No. 01, April 2016 66 ISSN: 1693-7619 (Print) http://jurnal.umsu.ac.id
Rahayu, N. S. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Matakuliah Pengantar Ekonomi Mikro Pada Mahasiswa Lulusan Program IPA dan IPS. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p49-56
Resti Kartika Dewi, & Sabrang Gilang Gemilang. (2022). Students Achivement Team Division (Stad): Penerapan Model Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekonomi Mikro Materi Pokok Permasalahan Ekonomi. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(3), 160-173. https://doi
Rindrayani, S. R. (2021). The Effect of Problem-Based Learning Online System Assisted by Google Classroom Combination of Zoom on Microeconomics Learning Outcomes and Responsibility for Students of the Economic Education Study Program in the New Normal Period. Efektor, 8(2), 122 -. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16306
Schuhmann, P. W., Mcgoldrick, K., &Burrus, R. T. (2016). All use subject to JSTOR Terms and Conditions StudentQuantitative Literacy: Importance , Measurement , And Correlation With EconomicLiteracy. 49(1), 49–65
Silaban, P. S. M., Putriku, A. E., Siahaan, S. D. N.., & Suharianto, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (Buku) Teori Ekonomi Mikro Berbasis Media Pembelajaran Aplikasi Android . Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–17. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1230
Swope, K., and P. Schmitt. (2006). The performanceof economics graduates over the entire curriculum: The determinants of success. Journal of Economic Education 37: 387–95.
Utami, Dwi Wahyu Nila. (2013) Prestasi Belajar Ekonomi Mikro Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Penggunaan Buku Ajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Wahyuni, D dan Baroroh, K. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomika Mikro. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 9 Nomor 1, April 2012
Yuliana FH, siti Fatimah, ikbal Barliana. (2021) Pengembangan bahan ajar digital interaktif dengan Pendekatan kontekstual pada mata kuliah teori ekonomi Mikro. Jurnal PROFIT, 8 (1) 2021, 36-46
Dokumen Kurikulum Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Uiverstas Siliwangi 2020.
Article Metrics
Abstract Views : 385 timesPDF Downloaded : 260 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.