Pemanfaatan E-Modul pada Perkuliahan yang Menerapkan Project Based Team dan Games Tournament untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ekonomi
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Malang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(7) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/011207000
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Al-Balushi, S. M., & Al-Aamri, S. S. (2014). The effect of environmental science projects on
students’ environmental knowledge and science attitudes. International Research in
Geographical & Environmental Education, 23(3), 213-227.
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan e-modul kesetimbangan kimia berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155-161.
Blumenfeld, P., Fishman, B.J., Krajcik, J., Marx, R.W. & Soloway, E. (2000). Creating usable
innovations in systemic reform: scaling up technology-embedded project-based science in
urban schools. Educational Psychologist, 35(3), 149-164.
Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas e-modul project based learning berintegrasi stem terhadap kreativitas siswa smk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15.
Cocco, S. (2006). Student leadership development: the contribution of project-based
learning. Unpublished Master’s thesis. Royal Roads University, Victoria, BC.
Dimas, Wahyu. 2015. Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Klaten. SKRIPSI. Yogyakarta: UNY.
Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.
Ghony, M. D. (2008). Penelitian tindakan kelas.
Irawadi, Noven. 2011. Perbedaan Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas X TIPTL SMK 45 Surabaya. Skripsi. Surabaya: UNESA
Kii, O. A., & Dewa, E. (2020). Simulasi Phet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 360-367.
Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When generations collide, who they are, why they clash, how to solve the generational puzzle at work. New York, NY: Collins Business.
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(2), 1-5.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika, 5-9.
Rahmi, L. (2018). Perancangan E-Module Perakitan Dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK. TA’DIB, 21(2), 105–111.
Sakdiah, H., & Sasmita, P. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantukan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 65–70
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). MODUL VIRTUAL : MULTIMEDIA FLIPBOOK
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (MIXED METHODS). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dari R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen (Cetakan Kedua). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2011. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Jakarta: Galiya Indonesia.
Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Komodo Science Education, 1(01), 1–14.
Tekad, T., & Pebriana, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2).
Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572-2721
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728-3739.
Wijaya, K., Siregar, S., Sutrisno, S., Yuzni, S. Z., Sari, R. A., & Idris, I. (2021). Pembelajaran Metode Team-Base Project Menggunakan Product Oriented Module. Yayasan Kita Menulis.
Williams, K. C., & Page, R. A. (2011). Marketing to the Generations. Journal of Behavioral Studies in Business, 5, pp.1–17. http://www.www.aabri.com/manuscripts/10575.pdf
Wurdinger, S., Haar, J., Hugg, R., & Bezon, J. (2007). A qualitative study using project-based
learning in a mainstream middle school. Improving Schools, 10(2), 150-161.
Article Metrics
Abstract Views : 292 timesPDF Downloaded : 122 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.