Pemanfaatan E-Modul pada Perkuliahan yang Menerapkan Project Based Team dan Games Tournament untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ekonomi
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(3) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(4) Universitas Negeri Malang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(5) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(6) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(7) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
DOI : https://doi.org/10.24036/011207000
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Keywords
References
Al-Balushi, S. M., & Al-Aamri, S. S. (2014). The effect of environmental science projects on
students’ environmental knowledge and science attitudes. International Research in
Geographical & Environmental Education, 23(3), 213-227.
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan e-modul kesetimbangan kimia berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155-161.
Blumenfeld, P., Fishman, B.J., Krajcik, J., Marx, R.W. & Soloway, E. (2000). Creating usable
innovations in systemic reform: scaling up technology-embedded project-based science in
urban schools. Educational Psychologist, 35(3), 149-164.
Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas e-modul project based learning berintegrasi stem terhadap kreativitas siswa smk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15.
Cocco, S. (2006). Student leadership development: the contribution of project-based
learning. Unpublished Master’s thesis. Royal Roads University, Victoria, BC.
Dimas, Wahyu. 2015. Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Klaten. SKRIPSI. Yogyakarta: UNY.
Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.
Ghony, M. D. (2008). Penelitian tindakan kelas.
Irawadi, Noven. 2011. Perbedaan Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas X TIPTL SMK 45 Surabaya. Skripsi. Surabaya: UNESA
Kii, O. A., & Dewa, E. (2020). Simulasi Phet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 360-367.
Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When generations collide, who they are, why they clash, how to solve the generational puzzle at work. New York, NY: Collins Business.
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(2), 1-5.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika, 5-9.
Rahmi, L. (2018). Perancangan E-Module Perakitan Dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK. TA’DIB, 21(2), 105–111.
Sakdiah, H., & Sasmita, P. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantukan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 65–70
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). MODUL VIRTUAL : MULTIMEDIA FLIPBOOK
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (MIXED METHODS). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dari R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen (Cetakan Kedua). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2011. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Jakarta: Galiya Indonesia.
Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Komodo Science Education, 1(01), 1–14.
Tekad, T., & Pebriana, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2).
Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572-2721
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728-3739.
Wijaya, K., Siregar, S., Sutrisno, S., Yuzni, S. Z., Sari, R. A., & Idris, I. (2021). Pembelajaran Metode Team-Base Project Menggunakan Product Oriented Module. Yayasan Kita Menulis.
Williams, K. C., & Page, R. A. (2011). Marketing to the Generations. Journal of Behavioral Studies in Business, 5, pp.1–17. http://www.www.aabri.com/manuscripts/10575.pdf
Wurdinger, S., Haar, J., Hugg, R., & Bezon, J. (2007). A qualitative study using project-based
learning in a mainstream middle school. Improving Schools, 10(2), 150-161.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.