Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru

Rita Syofyan(1), Nur Sukma Hidayati(2), Rani Sofya(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/011103600

Full Text:    Language : en

Abstract


This study was conducted to determine the effect of Field Experience Education Program or know as Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) and self-efficacy on teacher interest in students of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Padang. This type of research is descriptive associative. The population in this study were students of economic education at the Faculty of Economics, Universitas Negeri Padang in 2015 who had or are currently taking the Educational Field Experience Program course with a population of 73 people. The data analysis technique used is path analysis. The results of this study indicate that (1) the Educational Field Experience Program (PLK) has a positive and significant effect on the self-efficacy of economic education students at the Faculty of Economics, Universitas Negeri Padang. (2) The Educational Field Experience Program (PLK) has a positive and significant effect on the interest in becoming a teacher for students of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Padang. (3) self-efficacy has a positive and significant effect on the interest in becoming a teacher in Economics Education students, Faculty of Economics, Universitas Negeri Padang.

Keywords


PLK, Self Efficacy, Being A Teacher

References


Hurlock, Elizabeth. 2010. Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga

Slameto.2010.Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. RinekaCipta

Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 10-23. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110-116.

Dahhani, N. A. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengalaman Kajian Praktik Lapangan, dan Informasi Dunia Kerja terhadap Minat Menjadi Guru. SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan-Fakultas Ekonomi UM.

Aini, E. N. 2018. Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(2), 83-96.

Ardyani, A. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2).

Astarini, I. 2015. Pengaruh Self Efficacy, Prestise Profesi Guru Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadapminat Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2011 FE UNNES (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Destria, Yola. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Program Pendidikan Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.(Skripsi). Universitas Negeri Padang

Fitria, Ira. 2018. Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP. (Skripsi). Universitas Negeri Padang

Fitria, I., Syamwil, S., & Syofyan, R. 2018. Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP. Jurnal Ecogen, 1(2), 422-430.

Inko Septiara, V. I. T. A. N. A., & Listiadi, A. 2019. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri Dan Progam Pengelolaan Pembelajaran (PPP) Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3).

Johari, K., Ismail, Z., Osman, S., & Othman, A. T. 2009. Pengaruh Jenis Latihan Guru dan Pengalaman Mengajar Terhadap Efikasi Guru Sekolah Menengah (The Influence of Teacher Training and Teaching Experience on Secondary School Teacher Efficacy). Jurnal Pendidikan Malaysia| Malaysian Journal of Education, 34(2), 3-14.

Pedoman Pelaksanaan dan Penilaian Program Pengalaman Kependidikan. 2019. Padang: UNP

Sitorus, M. 2017. Pengaruh Pengalaman Ppl Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Doctoral Dissertation, Unimed).

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(2), 83-96.

Amir, H. (2016). Korelasi pengaruh faktor efikasi diri dan manajemen diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa pendidikan kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4).

Syofyan, R., Hayati, A. F., & Marna, J. E. (2019). Analysis of Public High School Students’ Interest in Padang

City in Choosing an Educational Program at Universitas Negeri Padang. KnE Social Sciences, 40-59.

Ardyani, A. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru Akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2).

Arifin, M., Putro, S. C., & Putranto, H. (2015). Hubungan Kemampuan Efikasi Diri Dan Kemampuan Kependidikan Dengan Kesiapan Menjadi Guru TIK Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 37(2).

Ni’mah, F. U. (2014). Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus Of Control Internal, Peran Guru Pamong Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2).

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669-683.

Danim, S. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Prenada Media.

Zuhri, Al Hafiizh. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Terhadap Minat Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG-SM3T) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Sebagai Variabel Moderasi. (Skripsi). Universitas Negeri Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 2739 times
 PDF Downloaded : 1165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.