Pengaruh Literasi Media Terhadap Remaja Aktif Pengguna TikTok Dalam Mengatasi Penyebaran Hoax di Era Digital

Haura Naya Shakira(1),
(1) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Haura Naya Shakira

DOI : https://doi.org/10.24036/jiipk.v13i1.129136

Abstract


Hoax atau berita palsu menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan karena kemudahan dalam menyebarkan informasi melalui berbagai platform online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi media terhadap kemampuan remaja yang aktif menggunakan platform TikTok dalam mengatasi penyebaran hoax di era digital. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi media dapat mempengaruhi perilaku remaja dalam mengatasi hoax yang beredar di TikTok. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan prosedur yang diterapkan melibatkan pengumpulan data melalui proses pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa edukasi literasi media perlu ditingkatkan untuk mencegah dampak negatif dari penyebaran informasi palsu dan hoax di masyarakat. Dengan demikian, pendidikan literasi media harus menjadi prioritas dalam kurikulum pendidikan dan juga dalam program-program peningkatan kapasitas bagi remaja, untuk memastikan mereka memiliki alat yang diperlukan untuk berpartisipasi secara aman dan bijak dalam lingkungan digital.


Keywords


Berita Palsu; Literasi Media; Remaja; TikTok

Article Metrics

 Abstract Views : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Haura Naya Shakira