Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi Perpustakaan Digital IJOGJA

Muslih Fathurrahman(1),
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Muslih Fathurrahman

DOI : https://doi.org/10.24036/111254-0934

Full Text:    Language : Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan aplikasi perpustakaan digital iJogja oleh pengguna menggunakan teori pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semakin besar faktor-faktor tersebut berpengaruh, maka akan semakin tinggi pula penerimaan pengguna terhadap aplikasi iJogja.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 288 kuesioner yang disebar kepada responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan contoh permodelan Partial Least Square (PLS). Analisis data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis menggunakan program SmartPLS versi 3.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi iJogja cukup baik. Hal ini berdasarkan dari 8 (delapan) hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) hipotesis yang diterima dan hanya satu hipotesis yang ditolak. Hipotesis yang diterima yaitu: Pengaruh Relevance Terhadap Perceived Usefulness, Pengaruh Screen Design Terhadap Perceived Easy of Use, Pengaruh Mobility Terhadap Perceived Easy of Use, Pengaruh Perceived Easy of Use Terhadap Perceived Usefulness, Pengaruh Perceived Usefulness Terhadap Intention to Use, Pengaruh Perceived Easy of Use Terhadap Intention to Use, dan Pengaruh Intention to Use Terhadap Actual System Use. Sementara hipotesis yang ditolak yaitu Pengaruh Subjective Norms Terhadap Perceived Usefulness yang menunjukkan hasil tidak signifikan.


Keywords


Aplikasi, Perpustakaan Digital, Ijogja

Article Metrics

 Abstract Views : 815 times
 PDF Downloaded : 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muslih Fathurrahman