An Analysis of Language Comprehension Disorder of a Student with Asperger Disorder to Rogative Act at Tiji Homeschooling in Padang

Syukrawardi Z(1), Havid Ardi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Syukrawardi - Z

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v10i1.112216

Full Text:    Language : en

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi tipe-tipe pertanyaan, (2) Pola-pola pertanyaan yang digunakan oleh guru-guru Tiji Homeschooling terhadap siswa penyandang Asperger. Kemudian, (3) juga mengidentifikasi jenis-jenis tanggapan dari siswa penyandang Asperger terhadap pertanyaan-pertanyaan dari guru-guru tersebut. Makalah ini mengambil 5 kali rekaman dialog antara anak penyandang Asperger dengan guru-guru ketika proses belajar mengajar sebagai data, yaitu ujaran- ujaran yang termasuk ke dalam rogative. Dari hasil penelitian, terlihat adanya 430 pertanyaan dimana jenis direct rogative dengan jumlah 373 (86,7%) yang paling banyak digunakan dan jenis indirect rogative tidak langsung 57 (13,3%). dari pengelompokkan jenis pertanyaan, ditemukan sebanyak 372 (86,5%) information-seeking question, 47 (10,9%) information-checking question, dan 11 (2,6%) clarification question, guru banyak menggunakan information-seeking question. Kemudian, juga ditemukan jenis-jenis tanggapan sebanyak 112 tanggapan yaitu absurd response (AR) 18 tanggapan, odd response (OR) 62 tanggapan, more relevant but not very polite (RnP) 6 tanggapan, dan marginal response (MR) 26 tanggapan dimana odd response paling banyak muncul sebagai tanggapan terhadap pertanyaan guru-guru. Data ini menyimpulkan bahwa jenis tanggapan odd response prioritas muncul dalam tanggapan-tanggapan oleh siswa, yang berumur enam tahun, dengan gangguan Asperger tersebut yang menunjuukkan mengalami masalah dalam memahami pertanyaan-pertanyaan (language comprehension disorder) dari guru-guru Tiji Homeschooling.


Keywords


speech act; rogatives; Asperger disorder; response; Tiji Homeschooling

References


Leech, G. 1983. Principle of Pragmatics. London: Longman Group Limited.

Schank, Roger. C. 1977. Rules and Topics in Conversation. Cognitive Science, 1, 421-441.

Schiffrin. 1998. Approach to Discourse. Great Britain; TJ International Limited, Padstaw, Cornwall.

Searle, J. R. 2005. Expression and Meaning; Studies in The Theory of Speech Acts. Cambridge: Cambridge University Press.

Siemund, Peter. 2001. Interrogative constructions. In: Haspelmath, Martin; König, Ekke-hard; Oesterreicher, Wulf & Raible, Wolfgang (eds.). Language Typology and Lan-guage Universals. Berlin: de Gruyter.

Yule, G. 1996. Pragmatics. New York: Oxford University Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 111 times
 PDF Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syukrawardi - Z

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.