An Analysis of Language Comprehension Disorder of a Student with Asperger Disorder to Rogative Act at Tiji Homeschooling in Padang
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
Copyright (c) 2022 Syukrawardi - Z
DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v10i1.112216
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi tipe-tipe pertanyaan, (2) Pola-pola pertanyaan yang digunakan oleh guru-guru Tiji Homeschooling terhadap siswa penyandang Asperger. Kemudian, (3) juga mengidentifikasi jenis-jenis tanggapan dari siswa penyandang Asperger terhadap pertanyaan-pertanyaan dari guru-guru tersebut. Makalah ini mengambil 5 kali rekaman dialog antara anak penyandang Asperger dengan guru-guru ketika proses belajar mengajar sebagai data, yaitu ujaran- ujaran yang termasuk ke dalam rogative. Dari hasil penelitian, terlihat adanya 430 pertanyaan dimana jenis direct rogative dengan jumlah 373 (86,7%) yang paling banyak digunakan dan jenis indirect rogative tidak langsung 57 (13,3%). dari pengelompokkan jenis pertanyaan, ditemukan sebanyak 372 (86,5%) information-seeking question, 47 (10,9%) information-checking question, dan 11 (2,6%) clarification question, guru banyak menggunakan information-seeking question. Kemudian, juga ditemukan jenis-jenis tanggapan sebanyak 112 tanggapan yaitu absurd response (AR) 18 tanggapan, odd response (OR) 62 tanggapan, more relevant but not very polite (RnP) 6 tanggapan, dan marginal response (MR) 26 tanggapan dimana odd response paling banyak muncul sebagai tanggapan terhadap pertanyaan guru-guru. Data ini menyimpulkan bahwa jenis tanggapan odd response prioritas muncul dalam tanggapan-tanggapan oleh siswa, yang berumur enam tahun, dengan gangguan Asperger tersebut yang menunjuukkan mengalami masalah dalam memahami pertanyaan-pertanyaan (language comprehension disorder) dari guru-guru Tiji Homeschooling.
Keywords
References
Leech, G. 1983. Principle of Pragmatics. London: Longman Group Limited.
Schank, Roger. C. 1977. Rules and Topics in Conversation. Cognitive Science, 1, 421-441.
Schiffrin. 1998. Approach to Discourse. Great Britain; TJ International Limited, Padstaw, Cornwall.
Searle, J. R. 2005. Expression and Meaning; Studies in The Theory of Speech Acts. Cambridge: Cambridge University Press.
Siemund, Peter. 2001. Interrogative constructions. In: Haspelmath, Martin; König, Ekke-hard; Oesterreicher, Wulf & Raible, Wolfgang (eds.). Language Typology and Lan-guage Universals. Berlin: de Gruyter.
Yule, G. 1996. Pragmatics. New York: Oxford University Press.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Syukrawardi - Z
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.