Evaluasi Program Pendamipingan Bimbingan Ujian Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian (UKTTK) di Akademi Farmasi Al-Ishlah Cilegon dengan Model CIPP

Fahmie Firmansyah(1), Nurul Anriani(2),
(1) Akademi Farmasi Al-Ishlah Cilegon  Indonesia
(2) Progaram Studi Doktor Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.121001

Full Text:    Language : id

Abstract


Salah satu syarat bagi mahasiswa lulusan Diploma 3 Farmasi untuk dapat  menjalankan profesinya sebagai tenaga teknis kefarmasian adalah dengan mengikuti ujian kompetensi tenaga teknis kefarmasian (UKTTK). Sertifikat kelulusan ujian kompetensi tenaga teknis kefarmasian (UKTTK) ini akan digunakan untuk mendapatkan surat tanda registrasi yang nantinya akan digunakan dalam dunia kerja. Agar mahasiswa lulus dalam ujian kompetensi tenaga teknis kefarmasian (UKTTK), pihak perguruan tinggi melakukan bimbingan belajar untuk menghadapi ujian kompetensi tenaga teknis kefarmasian (UKTTK). Untuk melihat efektifitas progaram tersebut maka dilakukan evalausi program dengan menggunakan model context, input, process, product (CIPP). Evaluasi program model CIPP sendiri merupakan model evaluasi program merupakan evaluasi yang dilakukan secara menyeluruh dari berbagai aspek atau sudut pandang. Dengan dilakukannya evaluasi program ini diharapkan dapat menjadi umpan balik serta program yang akan dilaksanakan dimasa yang akan datang akan berjalan lebih baik lagi.

Keywords


bimbingan belajar; model CIPP; ujian kompetensi tenaga teknis kefarmasian (UKTTK);

References


Andayani, N. P. S. N., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA, 1(2), 131. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752

Faizin, I. (2021). EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN MODEL CIPP. Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 99–118.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551

Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Muryadi, A. D. (2017). MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1). http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538

Rahman, A. (2018). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 2(1).

Setyowati, M., Dwiantoro, L., & Warsito, B. E. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial Perawat terhadap Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(1), 61. https://doi.org/10.26714/jkj.8.1.2020.61-68

Sopha, S., & Nanni, A. (2019). The cipp model: Applications in language program evaluation. Journal of Asia TEFL, 16(4). https://doi.org/10.18823/asiatefl.2019.16.4.19.1360


Article Metrics

 Abstract Views : 173 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.