Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Peningkatan Kompetensi Dosen Program Studi Keperawatan Melalui Pelatihan Profesionalitas

Novriyanti Achyar(1), Rusdinal Rusdinal(2),
(1)   Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115854

Full Text:    Language : id

Abstract


Abstract-Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kompetensi professional dosen program studi Diploma III Keperawatan di Kota Padang. Analisis kebutuhan ini dapat menjadi acuan dalam melakukan pengembangan model peningkatan kompetensi dosen dalam pembelajaran praktikum. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif untuk mengetahui kompetensi professional dosen yang mengajar praktikum, penilaian dilakukan oleh 50 orang mahasiswa sebagai sampel dalam memberikan persepsi tentang kompetensi pendidik yang ditunjukan dosen, sedangkan studi kesenjangan dan studi literature dilakukan berdasarkan observasi dan dokumentasi oleh peneliti. Hasil kompetensi kepribadian, pedagogies, professional dan sosial dosen masih perlu ditingkatkan karena belum pada standar nilai yang memuaskan. Analisis kesenjangan menunjukan data bahwa masih banyak kenyayaan terjadi yang tidak sesuai dengan harapan. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah bahwa perlu dilakukan pengembangan model peningkatan kompetensi mendidik bagi dosen Keperawatan untuk dapat melakukan tugas sebagai dosen praktikum bidang keperawatan

Keywords


Dosen; kompetensi; keperawatan; pedagogi; kepribadian; sosial; profesional

References


Ambiyar, & Dewi, M. (2019). Metodologi penelitian evaluasi program (1st ed.). CV. Alfabeta Bandung.

Arifin, A. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin diperguruan tinggi. EDUTECH Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 No 1(1), 117–132.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fitria, R. A., Rukun, K., Irfan, D., Dewi, M., Susanti, R., Sefriani, R., & Rasmita. (2019). New literacy oriented ict guidance module era of industrial revolution 4.0 in improving humanity literacy of students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1074–1078.

Ganefri, Hidayat, H., Yulastri, A., Mardin, A., Sriwahyuni, D., & Zoni, A. A. (2018). Perangkat Pembelajaran Pedagogi Entrepreneurship Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Produk Di Pendidikan Vokasi. Seminar Nasional Edusainstek, FMIPA UNIMUS 2018, 23–32.

Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Isriwal, Firman, & Rusdinal. (2019). Kompetensi Guru: Dalam mewujudkan Generasi Berkarakter dan Terampil di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1627–1632.

Joice, B., & Weil, M. (2003). Model of Teaching. Englewood Cliffs Prentice Hall.

Kurniawan, H. H., Salahuddin, A. M., Muslim, & Sri, N. (2020). ONSEP KEBIJAKAN STRATEGIS DALAM MENANGANI EKSTERNALITAS EKONOMI DARI COVID - 19 PADA MASYARAKAT RENTAN DI INDONESIA Heri. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, Vol. 1 No.(2), 130–139.

Madesrinadi, G., & Nilakusumawati, D. (2008). Faktor-faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas sebagai Lembaga Pendidikan. Cakrawal Pendidikan, 3(3), 217–231.

Novita, M., & Yulianti, P. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Terhadap Penilaian Kinerja Dosen Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(2), 241–254. https://doi.org/10.47233/jebd.v22i2.137

Priambodo, C. G. (2013). Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Efektivitas Belajar Menurut Keragaman Siswa Dan Orang Tua : Studi Kasus Smalb Pangudi Luhur Jakarta. Faktor Exacta, 6(1), 1–16.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Segita, L., Menengah, S., Negeri, A., Kalimantan, T. T., & Abstrak, S. (2016). Penggunaan Game Edukasi “Angry Birds “ Untuk Menciptakan Suasana Menyenangkan Dalam Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas Xii-Ips Tahun 2013. Jurnal Langsat, 3(2), 79–86.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Populis, 2(4), 579–596.

Stufflebeam, D. (2001). Evaluation models. New Directions for Evaluation, 2001(89), 7–98. https://doi.org/10.1002/ev.3

Yulastri, A., & Dewi, M. (2021). Analisis Kebutuhan Penerapan Smart Entrepreneur Model (SEM) Program Pengembangan Kewirausahaan di Universitas Negeri Padang. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah, 2(1), 14–16.


Article Metrics

 Abstract Views : 289 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.