Persepsi Siswa Tentang Praktek Kerja Industri (Studi Kasus Pada Siswa SMKN 1 Halmahera Barat)

Agus Hanif(1), Said Hasan(2), Marwan Marwan(3),
(1) Universitas Khairun  Indonesia
(2) Universitas Khairun  Indonesia
(3) Universitas Khairun  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115735

Full Text:    Language : id

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dirancang untuk menyediakan sumber daya manusia terampil yang siap pakai. Oleh karenanya, praktik kerja industri (prakerin) merupakan program wajib yang mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  1) Persepsi siswa tentang pengalaman belajar siswa selama mengikuti praktek kerja industri; 2) Manfaat yang diperoleh siswa setelah mengikuti praktek kerja industri. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif. Responden penelitian berjumlah 73 siswa SMK Negeri 1 Halmahera Barat yang telah dan sedang mengikuti praktek kerja industri di beberapa dunia usaha dan dunia industri di wilayah Maluku Utara. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi siswa tentang prakerin sangat positif karena prakerin meningkatkan kompetensi kejuruan siswa yang sebelumnya telah diperoleh dalam proses pembelajaran di sekolah. Prakerin memfasilitasi siswa untuk mengimplementasikan kompetensinya. Para siswa (peserta prakerin) menyatakan bahwa dalam dunia usaha/industry banyak hal yang harus dihadapi seperti budaya kerja, kepuasan pelanggan, kondisi lingkungan dan komunikasi. Prakerin memberikan banyak manfaat bagi siswa, di antaranya adalah: Meningkatkan pengetahuan Siswa, pengembangan keterampilan kerja, Peningkatan kemampuan bekerja sama tim, Peningkatkan sikap professional.


Keywords


praktik; kerja; industri; persepsi; siswa; prakerin

References


Ambrose, S. A., & Poklop, L. (2015). Do Students Really Learn from Experience? Change: The Magazine of Higher Learning, 47(1), 54–61. https://doi.org/10.1080/00091383.2015.996098.

Ardali, A. (2020). Pengaruh Implementasi Program Prakerin. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 2(1), 20–29.

Ardiani, L., & Ridwan. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 194–200.

Binks, M. (1996). Enterprise in Higher Education and the graduate labour market. Education + Training, 38(2), 26–29. https://doi.org/10.1108/00400919610112033.

BPS Malut. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Provinsi Maluku Utara , Februari 2021 (Issue 29, pp. 1–8).

Cheong, A. L.H., N. b. Yahya., Q. L. Shen, & A. Y. Yen. (2014). Internship Experience: An In-Depth Interview among Interns at a Business School of a Malaysian Private Higher Learning Institution. Procedia - Social and Behavioral Sciences 123 (2014) 333 – 343.

Eyler, J. (2009). The Power of Experiential Education. Liberal Education, 95(4), 24–31. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=aph&AN=48666338&site=ehost-live.

Fox, T., 2001. A sense of place. Caterer and Hotelkeeper, 189(4160): SO- SI.

Gault, Jack., J. Redington., Tammy Schlager (2000). Undergraduate Business Internships and Career Success: Are They Related?. Journal of Marketing Education, 22(1), 45-53. Retrieved from http://digitalcommons.wcupa.edu/mark_facpub/3.

Hawse, S., & Wood, L. N. (2017). Fostering wise judgement: professional decisions in development programmes for early career engineers. Journal of Vocational Education and Training, 70(2), 297–312. https://doi.org/10.1080/13636820.2017.1410723.

Hergert, Michael (2009). Student Perceptions of The Value of Internships In Business Education. American Journal of Business Education –2009, Volume 2, p. 8-14.

Holyoak, L. (2013). Are all internships beneficial learning experiences? An exploratory study. Education and Training, 55(6), 573–583. https://doi.org/10.1108/ET-02-2012-0024

Husamah. (2013). Outdoor Learning. Malang: Prestasi Pustaka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Revitalisasi Pendidikan Vokasi. Jakarta.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT. Remaja Rosdakarya.

O' Neill, N., 2010. Internships as a high-impact practice: Some reflections on quality. Peer Revie,Y, 12(4): 4-8.

Pauze, E.F ., VV.A. Johnson and J.L. Miller, (1989). Internship Strategy For Hospitality Management Programs. Hospitality Education and Resear ch Journal, Is ( s ): so 1-307 .A ,·ailable at: https:/ / doi.org/Jo. I I 77 /J 0963480890 I soosso.

Prayogi, A. K., Arizal, A., & Andayono, T. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Smk Negeri 2 Sungai Penuh. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 4(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/cived.v4i2.7898

Renganathan, Sumathi., Z. A. Bin Abdul Karim., C. Su Li, (2012) Students’ perception of industrial internship programme. Education and Training Vol. 54 No. 2/3, 2012, pp. 180-191.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior. In Pearson (17th ed.). Pearson Education Limited.

Syahroni, F. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Di Smk N 1 Lembah Gumanti. Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 275–281.

Zulkaidah, Nasrullah, M., & Salam, R. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar. 3.


Article Metrics

 Abstract Views : 475 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.