Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dirancang untuk menyediakan sumber daya manusia terampil yang siap pakai. Oleh karenanya, praktik kerja industri (prakerin) merupakan program wajib yang mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  1) Persepsi siswa tentang pengalaman belajar siswa selama mengikuti praktek kerja industri; 2) Manfaat yang diperoleh siswa setelah mengikuti praktek kerja industri. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif. Responden penelitian berjumlah 73 siswa SMK Negeri 1 Halmahera Barat yang telah dan sedang mengikuti praktek kerja industri di beberapa dunia usaha dan dunia industri di wilayah Maluku Utara. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi siswa tentang prakerin sangat positif karena prakerin meningkatkan kompetensi kejuruan siswa yang sebelumnya telah diperoleh dalam proses pembelajaran di sekolah. Prakerin memfasilitasi siswa untuk mengimplementasikan kompetensinya. Para siswa (peserta prakerin) menyatakan bahwa dalam dunia usaha/industry banyak hal yang harus dihadapi seperti budaya kerja, kepuasan pelanggan, kondisi lingkungan dan komunikasi. Prakerin memberikan banyak manfaat bagi siswa, di antaranya adalah: Meningkatkan pengetahuan Siswa, pengembangan keterampilan kerja, Peningkatan kemampuan bekerja sama tim, Peningkatkan sikap professional.


Keywords


praktik; kerja; industri; persepsi; siswa; prakerin