Pengaruh Kompetensi, Profesionalisme dan Kinerja Dosen Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Abdul Khalik Fajduani(1), Syaiful Bahri(2), Sjahril Effendy(3),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115376

Full Text:    Language : id

Abstract


Abstrak

Kehadiran perguruan tinggi sangat diperlukan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Agar lulusan perguruan tinggi yang berkualitas didukung oleh semangat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen terhadap semangat belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pembangunan Panca Budi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dan data primer diperoleh langsung dari responden penelitian yaitu 100 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar siswa, dimana nilai t hitung > t tabel (3,378 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar siswa dimana nilai t hitung > t tabel (8,681 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 alpha. Kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana t hitung > t tabel (4,469 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 alpha. Kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana F hitung > F tabel (182,227 > 2,693) dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

 


Keywords


Competence; Professionalism; Performance; Student Learning Enthusiasm

References


Asnani, & Nurismilida. (2017). The Influence of Lecturer Competences on Students Learning Achievement of Faculty of Literature , Islamic University of North Sumatra. Proceedings of The 7th Annual International Conference (AIC) Syiah Kuala University and The 6th International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR) in Conjunction with the International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELT, (14), 624–630. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Farida, Kristiawan, M., & Fitria, H. (2020). The Influence of Teacher’s Professionalism and School Principal Leadership on Teachers’ Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities, 2(April). https://doi.org/10.2139/ssrn.3576034

Febianti, Y. N., & Joharudin, M. (2018). FAKTOR-FAKTOR EKSTERN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.246

Jarvis, P. (2018). Professional education. In Professional Education. https://doi.org/10.4324/9781351003223

Kamal, S. I. M., Rahman, A., & Qibtiyah, M. (2021). SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20317

Kemendikbud. (2019). KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Muharlisiani, L. T. (2020). Supporting Factors on Lecturer Performance: Evidence in Private Higher Education. Talent Development & Excellence.

Mulyasa. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Munawarah, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik Deskriptif Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Stain Watampone. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i2.123

Naim. (2011). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Novika, P. W. (2018). MEMBANGUN PROFESIONALISME DOSEN DALAM MEMPERKOKOH DAYA SAING BANGSA. Khazanah Ilmu Berazam.

Nugraeni, F. (2012). Pengaruh kinerja dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK). Jurnal Sosial Dan Budaya.

Permanasari, R., Setyaningrum, R. M., & Sundari, S. (2016). MODEL HUBUNGAN KOMPETENSI, PROFESIONALISME DAN KINERJA DOSEN. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan). https://doi.org/10.21070/jbmp.v1i2.270

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380

Sagala. (2009). Kemampuan Professional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Samir Abou El-Seoud, M., Taj-Eddin, I. A. T. F., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2014). E-learning and students’ motivation: A research study on the effect of e-learning on higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v9i4.3465

Setiawan, R. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Intrinsik Mahasiswa, serta Lingkungan Belajar terhadap Semangat Belajar Mahasiswa di Departemen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar.

Tahrir, T. (2018). PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN “SGD” BANDUNG. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.2133


Article Metrics

 Abstract Views : 1341 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 585 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.