Abstract


Abstrak

Kehadiran perguruan tinggi sangat diperlukan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Agar lulusan perguruan tinggi yang berkualitas didukung oleh semangat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen terhadap semangat belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pembangunan Panca Budi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dan data primer diperoleh langsung dari responden penelitian yaitu 100 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar siswa, dimana nilai t hitung > t tabel (3,378 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar siswa dimana nilai t hitung > t tabel (8,681 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 alpha. Kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana t hitung > t tabel (4,469 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 alpha. Kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana F hitung > F tabel (182,227 > 2,693) dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

 


Keywords


Competence; Professionalism; Performance; Student Learning Enthusiasm