Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Prosesional Guru SMP Advent Sulawesi Utara
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendididkan, Universitas Negeri Mando  Indonesia
(3) Manajemen Pendididkan, Universitas Negeri Mando  Indonesia
(4) Manajemen Pendididkan, Universitas Negeri Mando  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115270
Full Text: Language : en
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan supervise pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMP Advent Sulawesi Utara sebanyak 46 orang Instrumen penelitian dikembangkan dengan menggunakan skala likert dengan alternative lima jawaban. Instrumen penelitian dikembangkan dengan mengacu pada kerangka teoritis dari variable X dan Y yang di ukur dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana dengan rumus Y = a + bX. Hasil penelitian menunjukkan besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,801 yang mengandung arti bahwa supervisi pengajaran dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 80,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Selanjutnya analisis regresi berganda menghasilkan persamaan regresi: Ŷ = a + bX1 + bX2= 5,809 + 0,475X1 + 0,503X2 dengan Fhitung = 170,140 dengan ρ = 0,000 < 0,05. Uji koefisin regresi menunjukkan harga t koefisien regresi variabel supervisi pengajaran adalah sebesar 10,481 dan taraf signifikan 0,000. Sedangkan t koefisien regresi variabel motivasi berprestasi adalah sebesar 10,183 dan taraf signifikannya 0,000. Ini berarti bahwa koefisien regresi = 0,475 dan 0,503 signifikan dan dapat digunakan untuk memprediksi kompetensi profesional guru. Disarankan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan intensitas supervise pengajaran dan meningkatkan motivasi berprestasi guru dalam upaya meningkatkan kompetensi professional guru.
Keywords
References
Clariño, J. L. (2020). Organizational Support, Instructional And Professional Competencies Of Master Teachers A Theory. International Journal Of Trend In Scientific Research And Development, 4(6), 42–59. Www.Ijtsrd.Com/Papers/Ijtsrd33271.Pdf%0Ahttps://Www.Ijtsrd.Com/Management/Other/33271/Organizational-Support-Instructional-And-Professional-Competencies-Of-Master-Teachers-A-Theory/Jean-L-Clariño
Girvan, C., Conneely, C., & Tangney, B. (2016). Extending Experiential Learning In Teacher Professional Development. Teaching And Teacher Education, 58, 129–139. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2016.04.009
Glanz, Jeffrey; Shulman, Vivian; Sullivan, S., Glanz, J., Shulman, V., & Sullivan, S. (2007). Impact Of Instructional Supervision On Student Achievement: Can We Make The Connection? Annual Conference Of The American Educational Research Association (AERA), 1–28. Http://Eric.Ed.Gov/?Q=%22Instructional+Supervision%22&Ft=On&Id=ED496124
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik Dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), Undefined-Undefined. Https://Doi.Org/10.29240/JSMP.V3I2.1159
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1). Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V3i1.3283
Karnati, N. (2019). Academic Supervision To Improve The Competence Of Elementary School Teachers. Australasian Journal Of Educational Technology, 35(1), 36–46.
Liana, L., Basiya, R., & Kuntari, K. (2021). Peran Supervisi Akademik Sebagai Pemoderasi Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik Dan Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi Dan Perpajakan (Jemap), 4(1), 88. Https://Doi.Org/10.24167/Jemap.V4i1.3183
Maisyaroh, Budi Wiyono, B., Hardika, Valdez, A. V., Mangorsi, S. B., & Canapi, S. P. T. (2021). The Implementation Of Instructional Supervision In Indonesia And The Philippines, And Its Effect On The Variation Of Teacher Learning Models And Materials. Cogent Education, 8(1). Https://Doi.Org/10.1080/2331186X.2021.1962232
Makau, N. N., Ronoh, A., & Tanui, E. (2016). Relationship Between Principals’ Instructional Supervision And Students’ Academic Achievement In Sciences In Secondary Schools. International Journal Of Scientific & Engineering Research, 7(9), 1585–1607. Http://Www.Ijser.Org
Mbon, U. F., Arop, F. O., Ekanem, E. E., Ebuara, V. O., & Emanghe, E. E. (2021). School Administrators’ Instructional Supervision, Psychosocial Assistance, And Professional Support As Determinants Of Teacher Job Performance In Elementary Schools. The Journal Of Social Sciences Research, 73, 116–125. Https://Doi.Org/10.32861/Jssr.73.116.125
Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal Of Islamic Education Management, 2(2). Https://Doi.Org/10.24256/kelola.V2I2.438
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Undefined-Undefined.Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/6f4761c1-A91b-37ae-A9f6-2913a0ebd35d/
Rohim, A. (2011). Pembinaan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 1–13.
Shakuna, K. S., Mohamad, N., & Ali, A. B. (2016). The Effect Of School Administration And Educational Supervision On Teachers Teaching Performance: Training Programs As A Mediator Variable. Asian Social Science, 12(10), 257–272. Https://Doi.Org/10.5539/ASS.V12N10P257
Tarigan, P. B. (2013). Konsep Dasar Profesi Kependidikan. 53(9), 1689–1699. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D2a8d9a8-867e-3471-Ac79-073293a3c62c/
Undefined, & Gordon, S. (2019). Educational Supervision: Reflections On Its Past, Present, And Future. Journal Of Educational Supervision, 2(2), 27–52. Https://Doi.Org/10.31045/JES.2.2.3
Wahyudi, Bella Ghia Dimmera, A. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Produktivitas Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 5(2), 1–15.
Article Metrics
Abstract Views : 304 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 89 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.