Gambaran Kinerja Pendidik pada Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar (BKB) Nurul Fikri Kota Padang

Husni Ranti(1), Wirdatul Aini(2), Vevi Sunarti(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9075

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagusnya lembaga BKBNurul Fikri Kota Padang, hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar di lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Diduga karena kinerja pendidik yang baik dalam proses pembelajaran di lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kinerja pendidik ditinjau dari kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkatan pembelajaran dengan tingkat perkembangan peserta didik, aspek insentif, dan  aspek disiplin waktu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik tingkat SMA kelas X, IX IPA,dan IX IPS yang masih aktif di lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang yang berjumlah 119 orang. Sampel diambil sebanyak 40%.Jumlah sampel adalah 46 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan alat pengumplan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data penelitian adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) kinerja pendidik ditinjau dari kualitas pembelajaran dikategorikan sangat baik, (2) kinerja pendidik ditinjau dari kesesuaian tingkatan pembelajaran dengan tingkatan perkembangan peserta didik dikategorikan sangat baik, (3) kinerja pendidik ditinjau dari aspek insentif dikategorikan sangat baik, dan (4) kinerja pendidik ditinjau dari aspek disiplin waktu dikategorikan sangat baik. Saran: bagi pengelola dan pendidik diharapkan untuk dapat mempertahankan fasilitas dan kinerja pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

References


Haryati, T. (2012). Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan. Project Citizen II(2), 1–11.

Lie, A. (2002). Cooperative learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sudarma, M. (2013). Profesi Guru Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Jakarta.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

 Abstract Views : 339 times
 PDF Downloaded : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.