STYLE OF WRITING SCIENTIFIC ARTICLES THESIS POSTGRADUATE STUDENTS OF INDONESIAN LANGUAGE PROGRAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Eka Maria Susanti(1), Budhi Setiawan(2), Muhammad Rohmadi(3),
(1) Universitas Sebelas Maret  Indonesia
(2) UNIVERSITAS SEBELAS MARET  Indonesia
(3) UNIVERSITAS SEBELAS MARET  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v11i2.8107

Full Text:    Language : id

Abstract


The style of writing scientific articles published in scientific journals has an important role in the assessment of an article. This study aimed to describe whether the form of writing scientific articles style on Indonesian Education Program students of Universitas Sebelas Maret was in accordance with Accreditation Guidlines of Scientific Parodical Issue (PATBI) published by Ditlitabmas Directorate General of Higher Education. This research is a qualitative descriptive research. The data in this research were two scholarly article documents of master's students thesis of Indonesian Education Program of Universitas Sebelas Maret Surakarta and Guidelines of Accreditation of Scientific Periodic Issue. Data collection technique used in this research was purposive sampling technique. The validity of data used triangulation theory and data analysis technique in this research used interactive analysis model. The results of this study indicated that the thesis scientific article created by postgraduated students of Universitas Sebelas Maret was in accordance with the rules and guidelines for accreditation of periodical publication published by Ditlitabmas Directorate General of Higher Education.

Key words/phrases:  style of writing, scientific articles, thesis,

 

GAYA PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TESIS MAHASISWA PASCASARJANA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Abstrak

Bentuk gaya penulisan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah memiliki peran yang penting dalam penilaian sebuah artikel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk gaya penulisan artikel ilmiah tesis mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret apakah sesuai dengan Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh Ditlitabmas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa dua dokumen artikel ilmiah tesis mahasiswa Program Pascasarsana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa artikel ilmiah tesis yang dibuat oleh mahasiswa pascasrjana Universitas Sebelas Maret sudah sesuai dengan aturan dan pedoman akreditasi terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Ditlitabmas Dirjen Pendidikan Tinggi.

 

Kata Kunci:  gaya penulisan, artikel ilmiah, tesis


References


Afifudin. & Saebani, B. A. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung. Pustaka Setia.

Ariana, S. (2012). Kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam karya ilmiah dosen Universitas Guna Darma. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi (pp. 53-62)

Chaer, A. (2011). Ragam bahasa ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Defina. (2014). The use of understand-word “dikarenakan” in the abstracts of scientific works (A case study toward scientific works in garuda.dikti.go.id). Mlangun: Jurnal Ilmiah Kebahasaan & Kesastraan (pp. 35-45).

Ditlitabmas, (2014). Pedoman akreditasi terbitan berkala ilmiah. Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Dwiloka, B. & Riana, R. (2005). Teknik menulis karya ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta

Ismawati, E. (2012). Metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Marwanto. (2011). Sukses menyajikan hasil penelitian secara lisan dan tertulis. Surakarta: UNS Press.

Setiawan, A. (2016). Keterampilan menulis ikhtisar buku dalam kaitannya dengan penguasaan piranti kohesi koherensi (survei pada siswa kelas X SMA Negeri di Kota Surakarta tahun 2016). Kembara: Jurnal Keimuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (pp. 13-22).

Sumarwati. (2015). Menulis karya ilmiah dalam bahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Susanti, R. (2015). Kesalahan penggunaan EYD dalam karya ilmiah mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal IKON (pp. 34-50).

Wardani, I. K. (2017). Studi kasus pembelajaran menulis teks anekdot pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Aksara (pp. 45-57)

Wibowo, W. (2014). Piawai menembus jurnal terakreditasi. Jakarta: Bumi Aksara

Zainuddin. (2016). Syntax errors on the essay writings of extrovert an introvert EFL leaners. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa (pp. 95-104).


Article Metrics

 Abstract Views : 686 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.