THE USE OF AUDIO VISUAL MEDIA IN THE LEARNING PROCESS OF GUITAR SUBJECT

Harisnal Hadi(1),
(1) Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v18i1.7573

Full Text:    Language : en

Abstract


PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH GITAR

Abstract

This study aims to describe the data and events that exist, especially in the use of audio visual media in the classical guitar learning in the Music, Drama, and Dance Department of FBS Universitas Negeri Padang. It used descriptive method. This method is considered appropriate to describe and systematically intrepreted facts and characteristics of the problems studied. Data were processed by: 1) collecting and classifying data from the observation and interview with the speakers about the guitar lesson and then presented again into the research report, 2) presentation of data with the intent to conduct discussion and analyze based on the problems formulated, that is about the material, And the use of audio-visual media in learning. 3) The conclusion of the data obtained during the study. Then data were carefully reviewed by comparing the data obtained to find the deficiencies and the advantages and uniqueness that can produce conclusions. The result of the research is that the learning media, especially in the use of audio visual media is a supportive tool in learning that is very useful in motivating students, so that students are eager to start learning.

Keywords: Learning, Guitar, Audio Visual Media

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data-data dan peristiwa yang ada, khususnya dalam penggunaan media audio visual dalam pembelajaran gitar klasik di jurusan Pendidikan Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Dengan menggunakan metode deskriptif. Metode ini dianggap tepat untuk menggambarkan dan mengin-trepetasikan secara sistematis fakta dan karakteristik masalah yang diteliti. Teknik pengolahan data dilakukan dengan: 1) Mengumpulkan dan mengklasi-fikasikan data dari hasil observasi dan wawancara dengan para narasumber mengenai pembelajaran gitar lalu kemudian dipaparkan lagi ke dalam laporan penelitian, 2) Penyajian data dengan maksud melakukan pembahasan dan menganalisis berdasarkan permasalahan yang dirumuskan, yaitu mengenai materi, dan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran. 3) Penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian, kemudian ditinjau ulang secara seksama dengan cara membandingkan data yang diperoleh untuk menemukan kekurangan dan kelebihan serta keunikan yang dapat menghasilkan kesimpulan.hasil. Hasil penelitian dapat diperoleh temuan, bahwa media pembelajaran, khususnya dalam penggunaan media audio visual merupakan sarana pendukung dalam pembelajaran yang sangat bermanfaat dalam memotivasi mahasiswa, sehingga mahasiswa bersemangat untuk memulai pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Gitar, Media Audio Visual


References


Anderson, R. H. (1994). Pemilihan dan pengembangan media video pembelajaran. Jakarta : Grafindo Pers.

Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=101215&val=1538

Hadis, A. (2006). Psikologi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/viewFile/1583/645

Jamalus (1989). Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Jakarta:DEPDIKBUD.

Kristianto, J. (2005). Gitarpedia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana

Sanjaya, W. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Kencana

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2008). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

 Abstract Views : 515 times
 PDF Downloaded : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni