The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Wabah COVID-19 menimbulkan kekhawatiran serius bagi sistem pendidikan global. Upaya untuk menahan COVID-19 mendorong penutupan sekolah tidak terjadwal lebih dari 100 negara di seluruh dunia. COVID-19 berdampak buruk pada pendidikan termasuk gangguan pembelajaran, dan penurunan akses fasilitas pendidikan, sehingga banyak pendidik dan siswa yang mengandalkan teknologi untuk memastikan pembelajaran online yang berkelanjutan selama pandemi COVID-19. Pendidikan online tidak berjalan dengan mulus, namun terhalang oleh infrastruktur yang buruk termasuk masalah jaringan, listrik, tidak dapat diakses dan tidak tersedia fasilitas, serta keterampilan digital yang masih minim. Studi ini akan membahas mengenai whatsapp sebagai salah satu sarana komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Arab di masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dan berlangsung dalam kelas VIII-C MTs Miftahul Ulum yang teletak di Singosari. Data digali dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek COVID-19 mengharuskan pendidikan berbasis WFH (Work From Home, sehingga membutuhkan sarana komunikasi, salah satunya adalah whatsapp, walaupun ada beberapa kendala setidaknya pembelajaran tetap berlangsung secara efektif.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab, Aplikasi Whatsapp, Komunikasi, Covid-19