Permasalahan Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang di jabarkan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di SLB negeri 1 Linggo Sari Baganti menggunakan dua sistem belajar yaitu belajar secara daring/luring dan tatap muka. Permasalahan yang terjadi pada sistem belajar tatap muka yaitu banyaknya siswa yang tidak hadir ke sekolah, lamanya waktu yang butuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan adanya permasalahan lain mengenai prinsip belajar anak berkebutuhan khusus karena adanya pandemi Covid-19. Sedangkan sistem belajar secara darin/luring terjadi permasalahan seperti banyaknya siswa yang tidak memiliki Handphone, sulitnya guru untuk membagi waktu antara mengajar di sekolah dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa, kemudian jauhnya jarak tempuh yang harus dilalui guru untuk melakukan kunjungan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan banyaknya permasalahan yang terjadi baik dalam sistem belajar tatap muka maupun secara darin/luring.
Keywords
Permasalahan Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, Covid-19
References
Hariyanto, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remasa Yosdakarya.
Illahi, M. (2013). Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nugroho, Dary & Risma. (2017). Gaya Hidup Yang Mempengaruhi Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri SALATIGA. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2 (2), 102-117.
Prastowo dan Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Yusuf, A, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.
Article Metrics
Abstract Views : 1660 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 626 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.