Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Melalui Metode Drill pada Anak Tunagrahita Sedang

Rexa Maulana Refwin(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan bina diri anak tunagrahita sedang terutama memakai baju berkancing. Berdasarkan hasil tes di SLB limas Padang hanya 16,7% keteraampilan anak dalam memakai kemeja berkancing. Tujuan penelitian ini membuktikan apakah metode latihan dapat meningkatkan keterampilan bina diri anak tunagrahita sedang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Singel Subject Research(SSR). Menggunakan desain A-B dengan subjek tunggal dan Analisis data menggunakan teknis analisis Visual Grafis.Hasil penelitian pada kondisi Baseline(A) keterampilan mengenakan kemeja berkancing tanpa menggunakan metode latihan nilainya tetap dengan data poin akhir 1,5 dengan 3 kemampuan, sedangkan kondisi Intervensi(B) menggunakan metode latihan terdapat perubahan kecendrungan yang meningkat dengan data poin terakhir 8,5 dengan kemampuan 8 tanpa bantuan, sehingga terjadi peningkatan keterampilan menggenakan kemeja berkancing siswa kelas C1 di SLB Limas Padang dengan menggunakan metode latihan. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan keterampilan mengenakan kemeja berkancing meningkat dengan menggunakan metode latihan pada anak tunagrahita sedang,.

Keywords


Baju Berkancing, Drill, Tunagrahita Sedang

References


Ile, T. P. R. (2016). Manajemen Penelitian Guru Untuk Pendidikan bermutu. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Maria, K. E. (2018). Apakah Anakku Berbeda. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Maturidi, A. D. (2014). Metode Penelitian Teknik Informatika. Yogyakarta: Deepublsih.

Muniroh. (2015). Academic Engagement; Penerapan Model Problem-based Leraning Di Madrasah. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Murtie. (2016). Eksiklopedia Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima.

Nijlad Marieke, D. (2018). Anak Unik: Informasi Tentang Anak-anak Tunagrahita. Jakarta: Gagas media.

Ningsih, suprihati. (2016). Perspektif Manajemen pembelajaran Program Keterampilan. Jakarta: Deepublsih.

Pieter Herizen, D. (2017). Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Prenada Media.

S, C. L. (2014). Adakah ABK dikelasku, Bagaimana Guru Mengenali ABK Disekolah. Jakarta: Diandra Kreatif.

Sudarsini. (2017). Bina Diri Bina Gerak. Malang: PT. Book Mart Indonesia.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian Dengan subyek Tunggal. Jakarta: CRICED University Of Tsukuba.

Wahyu. (2016). Pengertian Dan Karakteristik Anak Tunagrahita sedang. Artikel Info (K-Moe). Retrieved from http://www.infokmoe.id/2012/06/Pengertian-Anak-Tunagrahita-Sedang.Html


Article Metrics

 Abstract Views : 1585 times
 PDF Downloaded : 669 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.