Efek Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Pariaman

Fajri Fajri(1), Usmeldi Usmeldi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108578

Full Text:    Language : en

Abstract


Proses pembelajaran di SMKN 1 Pariaman masih terpusat pada pendidik dan dalam penyampaian materi pembelajaran pendidik hanya mengandalkan media papan tulis berbantuan bahan ajar seadanya, sehingga kurangnya partisipasi aktif siswa dan hasil belajar siswa banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu digunakanlah pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media interaktif  untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk melihat seberapa besar efek dari model CPS berbantuan media interaktif  terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre experimental dengan desain one group pretest posttest serta subjeknya siswa kelas X TITL 3. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berbentuk soal esay. Data di analisis menggunakan rumus effect size. Berdasarkan hasil penelitian model Creative Problem Solving memiliki efek yang besar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 Pariaman.


Keywords


Creative Problem Solving, interactive media, learning outcomes

References


W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.

Gunawan, Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

L. Becker, “Effect Size (ES),” 2000. [Online]. Available: http://web.ucss.edu/Ibecker/Psy590/es.htm/. [Accessed: 25-Des-2019].

M. Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

I. Indayatmi, “Peningkatan Hasil Belajar Analisis Titrimetri Melalui Model Creative Problem Solving Pada Peseta Didik SMK,” J. Pendidik. Sains, vol.5, no. 2, pp. 88–99, 2017.

F. Totiana, “Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dilengkapai Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas X1 IPA Semester Genap SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012,” J. Pendidik. Kimia, vol.1, no. 1,


Article Metrics

 Abstract Views : 806 times
 PDF Downloaded : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.