Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid 19

Desfiyanti Desfiyanti(1), Nurhizrah Gistituati(2), Rifma Rifma(3),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.113254

Full Text:    Language : id

Abstract


Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) masih menjadi perhatian utama di dunia. Setelah berhasil mengintervensi tatanan kehidupan manusia selama kurang lebih dua tahun terakhir, virus ini masih terus bermutasi dalam bentuk baru. Sehingga manusia masih harus beradaptasi dengan Covid-19 dan ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi ini. Dunia Pendidikan merupakan salah satu bidang yang mendapat pengaruh besar. Di Indonesia adaptasi sistem pembembelajaran selama pandemic covid-19 dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sampai saat ini, di beberapa daerah diberi kebebasan menyelenggarakan pembelajaran dengan full online, blanded, atau pun tatap muka sesuai dengan kondisi penyebaran Covid-19 di daerahnya masing-masing. Dinamika sistem Pendidikan saat ini mewajibkan kepala sekolah memiliki kompetensi kepemimpinan instruksional untuk mendukung dan memfasilitasi kebutuhan guru dan peserta didik dengan sistem pembelajaran baru. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan kepemimpinan instruksional kepala sekolah selama pandemic covis-19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan systematic review kualitatif. Metode meta-sintesis dengan pendekatan meta-aggregation dipilih untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan cara merangkum berbagai hasil penelitian terkait dengan kepemimpinan isntruksional kepala sekolah selama pandemic covid-19. Sumber literatur yang menjadi sasaran dalam penelitian ini hasil-hasil penelitian dalam rentang waktu 4 tahun terakhir (dari tahun 2018 s.d 2021) dengan melakukan searching publikasi ilmiah di internet. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional kepala sekolah sangat penting untuk menjaga sustainability aktivitas-aktivitas sekolah, dan efektivitas implementasi sistem pembelajaran baru selama pandemic covid-19. Kepemimpinan instruksional kepala sekolah terimplikasi dari: (1) pemberilan layanan professional kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran, (2) melakukan inovasi-inovasi manajemen pembelajaran untuk beradaptasi dengan system pembelajaran baru, dan (3) pemberian motivasi dan inspirasi bagi seluruh warga sekolah untuk menjaga optimisme dalam mencapai tujuan bersama.

Keywords


Kepemimpinan Instruksional; Kepala Sekolah; Pembelajaran; Pandemi Covid-19

References


Abdullah, A. G. K., Ali, A. J., Mydin, A., & Amin, N. A. Z. (2019). Exploring Capacity Of Midde Managers As Instructional Leadership To Lead Transformations Of Teaching And Learning In Malaysian High Performing Schools. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 9(3). Https://Doi.Org/10.6007/Ijarbss/V9-I3/5773

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research And Development Journal Of Education, 1(1). Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V1i1.7659

Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Blase, J., & Blase, J. (2000). Effective Instructional Leadership. Journal Of Educational Administration, 38(2). Https://Doi.Org/10.1108/09578230010320082

Blasé, J., & Blasé, J. (2000). Effective Instructional Leadership: Teachers’ Perspectives On How Principals Promote Teaching And Learning In Schools. Journal Of Educational Administration, 38(2). Https://Doi.Org/10.1108/09578230010320082

Bozer, G., Jones, R. J., Geddes, J., Carney, S., Burgers, C., Brugman, B. C., Boeynaems, A., Fisch, C., Block, J., Richter, S., Schmucker, C. M., Lösel, F., Robinson, P., Lowe, J., Finfgeld-Connett, D., Johnson, E. D., Snyder, H., Fillery-Travis, A., Lane, D., … Schabram, K. (2019). The SAGE Handbook Of Criminological Research Methods 28 Meta-Analysis As A Method Of Systematic Reviews. In Evidence In Mental Health Care (Vol. 39, Issue 1).

Campbell, P., Chaseling, M., Boyd, W., & Shipway, B. (2019). The Effective Instructional Leader. Professional Development In Education, 45(2). Https://Doi.Org/10.1080/19415257.2018.1465448

Dr. Farah Naz, & Surryia Rashid. (2021). Effective Instructional Leadership Can Enhance Teachers’ Motivation And Improve Students’ Learning Outcomes. Sjesr, 4(1). Https://Doi.Org/10.36902/Sjesr-Vol4-Iss1-2021(477-485)

Fernandez, A. A., & Shaw, G. P. (2020). Academic Leadership In A Time Of Crisis: The Coronavirus And COVID-19. Journal Of Leadership Studies, 14(1). Https://Doi.Org/10.1002/Jls.21684

Hallinger, P. (2009). Leadership For 21st Century Schools : From Instructional Leadership To Leadership For Learning. Chair Professors Public Lecture Series Of The Hong Kong Institute Of Education.

Hassan, R., Ahmad, J., & Boon, Y. (2018). Instructional Leadership In Malaysia. International Journal Of Engineering And Technology(UAE), 7(3.30 Special Issue 30). Https://Doi.Org/10.14419/Ijet.V7i3.30.18346

Hou, Y., Cui, Y., & Zhang, D. (2019). Impact Of Instructional Leadership On High School Student Academic Achievement In China. Asia Pacific Education Review, 20(4). Https://Doi.Org/10.1007/S12564-019-09574-4

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2).

Keleş, H. N., Atay, D., & Karanfıl, F. (2020). Instructional Leadership Behaviors Of School Principals During The Covid 19 Pandemic Process. Milli Egitim, 49(1), 155–174. Https://Doi.Org/10.37669/Milliegitim.787255

Ketut, D., Agama, A. I., Negeri, H., Penyang, T., & Raya, P. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (Issue 1).

Kusmintardjo. (2014). Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Manajemen Pendidikan, 24(3).

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3). Https://Doi.Org/10.17977/Um025v4i32020p198

Murnie. (2020). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR: Sebagai Respon Dari New Normal Di Era Covid 19. Equity In Education Journal, 2(2). Https://Doi.Org/10.37304/Eej.V2i2.1852

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1). Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V7i1.32771

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic Reviews In The Social Sciences: A Practical Guide. In Systematic Reviews In The Social Sciences: A Practical Guide. Blackwell Publishing Ltd. Https://Doi.Org/10.1002/9780470754887

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Edupsycouns: Journal Of Education, Psychology And Counseling, 2(1).

Solikin, & Imran. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. University Research Colloqium, 11.

Surachmi, S. (2012). Kajian Efektivitas Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1).

Wahab, J. A., Mansor, A. Z., Hussin, M., & Kumarasamy, S. (2020). Headmasters’ Instructional Leadership And Its Relationship With Teachers Performance. Universal Journal Of Educational Research, 8(11 A). Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2020.082112


Article Metrics

 Abstract Views : 1261 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.