Editorial Policies

Focus and Scope

Tujuan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan artikel yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini yang luar biasa di bidang manajemen pendidikan di semua pengaturan. Ruang lingkup jurnal ini meliputi perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi pendidikan, pengawasan pendidikan, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, kepemimpinan, pendidikan, dan pengajaran dan pembelajaran; Pendidikan (pengajaran, pengembangan, pengajaran, proyek dan inovasi pendidikan, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan dan pembelajaran, penilaian). Ini pertama kali diterbitkan pada 2013.

Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini merupakan:
(1) laporan evaluasi dan temuan penelitian;
(2) masalah konseptual dan metodologis; dan / atau
(3) implikasi dari tindakan di atas; dan / atau
(4) bagian ulasan buku yang luas dan juga laporan sesekali tentang konsep manajemen pendidikan.
 

Section Policies

Artikel

  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan menerapkan kebijakan proses peninjauan/review sebagai berikut :

  1. Naskah yang dikirim author, akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal dan kesesuaian dengan template Jurnal. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga naskahnya layak dikirim ke Reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
  2. Naskah yang telah melewati langkah 1 diatas, maka dikirim ke 2 orang reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode blind review.
  3. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.
  4. Reviewer akan menyarankan perbaikan dan atau penerimaan/menolak artikel.
  5. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.
  6. Keputusan editor adalah final.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Indeksasi

JBMP is indexed in the following indexing and abstracting services:

JBMP is Indexed by:

  

Petunjuk Penulisan

Judul Ditulis dengan font Time New Roman 15pt (Kata: Bahasa Indonesia); Manuscript title; written in English; font Calisto MT; size15; one space; left alignment; attract readers and convey main findings of research

Abstrak

Isi abstrak harus merangkum ringkasan ruang lingkup, tujuan, metode, data, hasil dan kesimpulan utama dari tulisan. Penulisan abstrak dalam bahasa Indonesia ditulis dengan rata kiri-kanan, sesudah abstrak dalam bahasa Inggris, dengan satu spasi dan satu kolom. Kata “Abstrak” sebagai judul ditulis dalam huruf Times 10-point, tebal, rata kiri, dengan huruf pertama dikapitalkan. Teks abstrak ditulis dengan huruf Times 10-point, satu spasi, sampai lebih kurang 250 kata. Sesudah abstrak bahasa Indonesia tuliskan kata kunci dari makalah tersebut dalam daftar kata kunci. Kemudian dilanjutkan dengan teks utama makalah.

Kata Kunci: kata kunci dituliskan dalam 5 kata yang sebaiknya merupakan subset dari judul makalah, ditulis dengan menggunakan huruf kecil kecuali untuk singkatan, dan dipisahkan dengan tanda baca koma untuk antar kata

How to Cite: Author 1, Author 2. Year. Title Manuscript. Journal Educational Administration and Leadership, Vol (N): pp. XX-XX, DOI: 10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX

Pendahuluan

Berikut ini adalah petunjuk penulisan paper dalam Jurnal Educational Administration and Leadership  yang diterbitkan oleh organisasi profesi Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII). Para penulis bertanggung jawab sepenuhnya terhadap isi naskah yang ditulis dan naskah merupakan tulisan yang belum pernah dipublikasikan [1]. Daftar rujukan dibuat secara berurut mulai dari 1, 2, 3 dan seterusnya.

Artikel hendaknya memuat tulisan yang berisi 1. Pendahuluan, 2. Metode Penelitian (bisa meliputi analisis, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi), 3. Hasil dan Pembahasan, 4. Kesimpulan, 5. Ucapan terimakasih (kalau ada) dan Daftar Rujukan.

Isi dari pendahuluan adalah jawaban atas pertanyaan [2,3]: (1). Latar belakang, (2). Tinjauan literatur singkat (3). Alasan diadakan penelitian ini dan (4). Pertanyaan tujuan.

Metode Penelitian

Jelaskan metode preparasi dan teknik karakterisasi yang digunakan. Jelaskan dengan ringkas, tetapi tetap akurat seperti ukuran, volume, replikasi dan teknik pengerjaan. Untuk metode baru harus dijelaskan secara 

rinci agar peneliti lain dapat mereproduksi percobaan. Sedangkan metode yang sudah mapan bisa dijelaskan dengan memetik rujukan[4-6].

Panjang Naskah

Naskah ditulis dalam ukuran kertas A4 dengan jumlah halaman minimum 6 halaman, maksimum 15 halaman, termasuk tabel dan gambar, serta dengan mengacu tata cara penulisan seperti telah yang disusun pada tulisan ini.

Rumus ditulis secara jelas menggunakan equation dengan indeks seperti rumus

∆F= -2,3 x 10^6  x F^2  ∆M/A  

Organisasi Naskah

Judul harus jelas dan singkat, maksimal 12 kata, ukuran huruf 15pt, tidak cetak tebal dan hanya huruf awal kata saja yang dicetak kapital. Nama penulis dan afiliasinya seperti yang tertulis diatas. Nama penulis ditulis secara jelas tanpa gelar. Penomoran heading dengan sistem Arabic dengan sub-heading maksimal hingga 3 tingkat

Tabel

Tabel harus diberi nomor sesuai urutan presentasi (Tabel 1, dst.). Judul tabel ditulis diatas tabel dengan posisi rata tengah (center justified), tidak ada cetak tebal maupun berwarna. Font yang dipakai berukuran 8pt baik judul tabel maupun isi tabel. Tabel harus diacu dan dirujuk dalam text.

Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan presentasi (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan dibawah gambar dengan posisi tengah (centre justified). Font yang dipakai dalam judul gambar berukuran 8pt. Gambar harus diacu dan dirujuk dalam text.

Daftar Rujukan

Disarankan menggunakan tools Mendeley/endnote/ zotero. Semua yang tertera dalam daftar pustaka/rujukan harus dirujuk dalam tulisan atau paper. Minimal 10 referensi primer dan terbaru. Ditulis dengan ukuran 8pt.

 

Hasil Pembahasan

Rangkaian hasil penelitian berdasarkan urutan/susunan logis untuk membentuk sebuah cerite. Isinya menunjukan fakta/data dan jangan diskusikan hasilnya. Dapat menggunakan Tabel dan Angka tetapi tidak menguraikan secara berulang terhadap data yang sama dalam gambar, tabel dan teks. Untuk lebih memperjelas  uraian, dapat mengunakan sub judul.

Pembahasan adalah penjelasan dasar, hubungan dan generalisasi yang ditunjukkan oleh hasil. Uraiannya menjawab pertanyaan penelitian. Jika ada hasil yang meragukan maka tampilkan secara objektif.

Spesifikasi

Gunakan tipe huruf Times New Roman pada seluruh naskah, dengan ukuran huruf 10pt seperti yang telah dicontohkan pada panduan penulisan ini. Jarak spasi adalah single dan isi tulisan atau naskah menggunakan perataan kiri-kanan (justified), kecuali pada tabel, gambar dan daftar rujukan.

Ukuran Halaman

Ukuran halaman adalah A4 (210 mm x 297 mm). Margin halaman adalah 25 mm atas-bawah, kiri dan  kanan.

Layout Naskah

Cara mudah membuat layout adalah dengan menggunakan panduan ini secara langsung.

Heading

Gunakan style heading dalam template ini secara langsung. Style sudah diformat sedemikian rupa sehingga memberikan jarak heading yang sesuai.

Bullet and Numbering

Pada dasarnya disarankan untuk tidak menggunakan numbering (1,2,3..,a,b,c dst) dalam pembahasan naskahnya, ubah menjadi dalam bentuk kalimat. Hindari menggunakan Bullet/daftar berurut dengan simbol *, √ dan lainnya.

 

Kesimpulan

Dalam kesimpulan tidak boleh ada referensi. Kesimpulan berisi fakta yang didapatkan, cukup  menjawab  permasalahan  atau  tujuan penelitian (jangan merupakan pembahasan lagi); Nyatakan kemungkinan aplikasi, implikasi dan spekulasi yang sesuai. Jika diperlukan, berikan saran untuk penelitian selanjutnya.

 

Daftar Rujukan

Yuhefizar, Santosa B., Eddy I. K. P, and Suprapto Y. K, 2013, Combination of Cluster Method for Segmentation of Web Visitors. TELKOMNIKA, 11(1), pp. 207-214. doi: http://dx.doi.org/10.12928/telkomnika.v11i1.906.

Na`am J., Harlan J., Madenda S., and Wibowo E. P. 2016. Identification of the Proximal Caries of Dental X-Ray Image with Multiple Morphology Gradient Method. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT), 6(3), pp. 343-346. doi:10.18517/ijaseit.6.3.827.

Na`am J., 2017.  Edge Detection on Objects of Medical Image with Enhancement  multiple Morphological Gradient (EmMG) Method. 4th Proc. EECSI. 23-24 Sep. 2017. Yogyakarta: Indonesia. doi: 10.1109/EECSI.2017.8239085

 

 

 

PETUNJUK PENULISAN REFERENSI

  1. Referensi yang berasal dari buku

Aturan penulisan: Author, Initials/First name., Year. Title of book. Edition. Place of publication: Publisher.

Contoh:

Redman, P., 2006. Good essay writing: a social sciences guide. 3rd ed. London: Open University in assoc. with Sage.

  1. Referensi yang berasal dari jurnal

Aturan penulisan: Author, Initials., Year. Title of article. Full Title of Journal, Volume number (Issue/Part number), Page numbers.

Contoh:

Boughton, J.M., 2002. The Bretton Woods proposal: an in depth look. Political Science Quarterly, 42 (6), pp.564-78.

  1. Referensi yang berasal dari laporan seminar

Aturan penulisan: Authorship author, editor or organisation, Year. Full title of conference report. Location, Date, Publisher: Place of publication.

Contoh:

UNDESA (United Nations Department of Economic and Social Affairs), 2005. 6th Global forum on reinventing government: towards participatory and transparent governance. Seoul, Republic of Korea 24-27 May 2005. United Nations: New York.

  1. Referensi yang berasal dari makalah seminar/prosiding

Aturan penulisan: Authorship, Year. Full title of conference paper. In: followed by Editor or name of organisation, Full title of conference. Location, Date, Publisher: Place of publication.

Contoh:

Brown, J., 2005. Evaluating surveys of transparent governance. In: UNDESA (United Nations Department of Economic and Social Affairs), 6th Global forum on reinventing government: towards participatory and transparent governance. Seoul, Republic of Korea 24-27 May 2005. United Nations: New York.

  1. Referensi yang berasal dari desertasi

Aturan penulisan: Author, Year of publication. Title of dissertation. Level. Place of University (If not clear from the name of the University): Name of University.

Contoh:

Richmond, J., 2005. Customer expectations in the world of electronic banking: a case study of the Bank of Britain. Ph. D. Chelmsford: Anglia Ruskin University.

  1. Referensi yang berasal dari situs web

Aturan penulisan: Authorship or Source, Year. Title of web document or web page. [Medium] (date of update)

Available at: include web site address/URL(Uniform Resource Locator) and additional details such as access or routing from the home page of the source. [Accessed date].

Contoh:

National electronic Library for Health, 2003. Can walking make you slimmer and healthier? (Hitting the headlines article) [Online] (Updated 16 Jan 2005)

Tersedia di : http://www.nhs.uk.hth.walking. [Accessed 10 April 2005]

Etika Proses Publikasi Ilmiah

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan merupakan jurnal ilmiah (Scientific Journal) yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Padang (UNP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Jurusan Administrasi Pendidikan bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Manajemen dan Administrasi Pendidikan (ISMAPI).  Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari/reviewer, dan pengarang/penulis. Pada intinya Kode Etika Publikasi Ilmiah ini menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu

  1. Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi;
  2. Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan
  3. Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Chief Editor :

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Melakukan peningkatan  mutu jurnal.
  12. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

  Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Editor memberikan komentar terhadap tulisan penulis agar pembaca dapat mengerti apa yang ingin disampaikan penulis, melalui komentar yang dituliskan pada naskah dan atau fasilitas diskusi di website jurnal.
  2. Editor memberikan komentar terhadap tulisan penulis sesuai dengan bahasa EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) ataupun  bahasa yang sesuai dengan standarisasi dari jurnal.
  3. Editor mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan;
  4. Editor mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Editor menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  6. Editor memastikan bahwa tulisan penulis tidak menyangkut SARA atau apapun yang dapat merugikan Penerbit serta mengkoordinasikan tulisan penulis kepada pimpinan redaksi penerbit apabila tulisan tersebut sedikit kontroversial.
  7. Editor menerima, menelaah, dan menindaklanjuti keluhan dari seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan jurnal;
  8. Editor mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  9. Editor tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  10. Editor mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.
  11. Editor melakukan layout naskah yang  akan diterbitkan sehingga sesuai dengan template jurnal.
  12. Editor membantu pemimpin redaksi/chief editor dalam melakukan finalisasi terhadap kumpulan naskah sebelum dicetak dan dipubilkasikan, terutama dalam hal bahasa, format dan layout.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

  1. Memberikan umpan balik tertulis yang obyektif dan tanpa bias mengenai nilai keilmiahan dan sumbangsih naskah terhadap pengembangan ilmu;
  2. Menunjukkan apakah penulisan naskah cukup jelas, lengkap, serta relevan, dan apakah naskah sesuai dengan lingkup jurnal;
  3. Tidak memberikan kritik atau komentar yang bersifat personal; dan
  4. Menjaga kerahasiaan naskah, dengan cara tidak membicarakannya dengan pihak yang tidak terkait, atau membeberkan informasi yang terdapat di dalam naskah kepada pihak lain.

Tugas dan Tanggung Jawab Administrator Website

Administrator Website adalah orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan website jurnal. Secara spesifik, lingkup tugas Administrator Website adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan situs web jurnal;
  2. Mengkonfigurasi opsi-opsi sistem dan mengelola akun user;
  3. Melakukan pendaftaran untuk editor, reviewer, dan penulis;
  4. Mengelola fitur-fitur jurnal;
  5. Melihat statistik laporan; 

 

Riwayat Jurnal

Jurnal ini pertama kali diterbitkan secara online Volume 1 Nomor 1 pada tahun 2013. Terdaftar sebagai jurnal ber ISSN dan E-ISSN pada tahun 2018. Pada tahun 2020 secara resmi terakreditasi SINTA 5 berdasarkan Surat Keterangan : 85/M/KPT/2020. Terhitung sejak 15 April 2020, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan telah menerbitkan artikel ilmiah hingga Volume 9 Nomor 1 tahun 2020. Pada tanggal 16 Juni 2020 Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan telah merilis template terbaru untuk submit artikel pada Volume 9 Nomor 2 tahun 2020. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan telah melakukan Call for Paper untuk menampung submit naskah/artikel hingga batas waktu yang telah dicantumkan di bagian Announcements pada website jurnal.

Pembiayaan

Jika manuskrip Anda diterima untuk dipublikasikan, Anda diminta membayar guna menutupi biaya publikasi, sejumlah  Rp. 500.000,-

Namun,  Jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar biaya tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk dibebaskan setiap biaya, dengan menyertakan alasan yang diterima editor dan tentunya hal ini hanya diberikan terhadap naskah yang dinilai berkualitas oleh editor, karena Kami tidak ingin karena biaya mencegah publikasi karya yang layak.

*) Biaya yang sudah ditransferkan tidak dapat dikembalikan atas alasan apapun

Publication Ethics and Malpractice Statement

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan is a blind peer-reviewed journal dedicated to the publication of quality research results in the field of Educational Administration, Educational Management, Leadership of Education but not implicitly limited. All publications in the Journal are open access which allows articles to be freely available online without any subscription.
This statement clarifies ethical behaviour of all parties involved in the act of publishing an article in this journal, including the author, the chief editor, the Editorial Board, the peer-reviewer­­­­­ and the publisher Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendiidkan, Universitas Negeri Padang informatics experts. This statement is based on COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.


1. Ethical Guideline for Journal Publication
The publication of an article in a peer-reviewed Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan is an essential building block in the development of a coherent and respected network of knowledge. It is a direct reflection of the quality of the work of the authors and the institutions that support them. Peer-reviewed articles support and embody the scientific method. It is therefore important to agree upon standards of expected ethical behavior for all parties involved in the act of publishing: the author, the journal editor, the peer reviewer, the publisher and the society.
Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang experts as publisher of Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan takes its duties of guardianship over all stages of publishing extremely seriously and we recognize our ethical and other responsibilities. We are committed to ensuring that advertising, reprint or other commercial revenuehas no impact or influence on editorial decisions. In addition, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang and Editorial Board will assist incommunications with other journals and/or publishers where this is useful andnecessary.


2. Publication Decisions
The editor of Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan is responsible for deciding which of the articles submitted to the journal should be published. The validation of the work in question and its importance to researchers and readers must always drive such decisions. The editors may be guided by the policies of the journal's editorial board and constrained by such legal requirements as shall then be in force regarding libel, copyright infringement and plagiarism. The editors may confer with other editors or reviewers in making this decision


3. Fair Play
An editor at any time evaluate manuscripts for their intellectual content without regard to race, gender, sexual orientation, religious belief, ethnic origin, citizenship, or political philosophy of the authors.


4. Confidentiality
The editor and any editorial staff must not disclose any information about a submitted manuscript to anyone other than the corresponding author, reviewers, potential reviewers, other editorial advisers, and the publisher, as appropriate.

5. Disclosure and conflicts of interest
Unpublished materials disclosed in a submitted manuscript must not be used in an editor's own research without the express written consent of the author.


6. Duties of Reviewers

a. Contribution to Editorial Decisions
Peer review assists the editor in making editorial decisions and through the editorial communications with the author may also assist the author in improving the paper.


b. Promptness
Any selected referee who feels unqualified to review the research reported in a manuscript or knows that its prompt review will be impossible should notify the editor and excuse himself from the review process.


c. Confidentiality
Any manuscripts received for review must be treated as confidential documents. They must not be shown to or discussed with others except as authorized by the editor.


d. Standards of Objectivity
Reviews should be conducted objectively. Personal criticism of the author is inappropriate. Referees should express their views clearly with supporting arguments.


e. Acknowledgement of Sources
Reviewers should identify relevant published work that has not been cited by the authors. Any statement that an observation, derivation, or argument had been previously reported should be accompanied by the relevant citation. A reviewer should also call to the editor's attention any substantial similarity or overlap between the manuscript under consideration and any other published paper of which they have personal knowledge.


f. Disclosure and Conflict of Interest
Privileged information or ideas obtained through peer review must be kept confidential and not used for personal advantage. Reviewers should not consider manuscripts in which they have conflicts of interest resulting from competitive, collaborative, or other relationships or connections with any of the authors, companies, or institutions connected to the papers.


7. Duties of Authors

a. Reporting standards
Authors of reports of original research should present an accurate account of the work performed as well as an objective discussion of its significance. Underlying data should be represented accurately in the paper. A paper should contain sufficient detail and references to permit others to replicate the work. Fraudulent or knowingly inaccurate statements constitute unethical behaviour and are unacceptable.


b. Data Access and Retention
Authors are asked to provide the raw data in connection with a paper for editorial review, and should be prepared to provide public access to such data (consistent with the ALPSP-STM Statement on Data and Databases), if practicable, and should in any event be prepared to retain such data for a reasonable time after publication.

c. Originality and Plagiarism
The authors should ensure that they have written entirely original works, and if the authors have used the work and/or words of others that this has been appropriately cited or quoted.

d. Multiple, Redundant or Concurrent Publication
An author should not in general publish manuscripts describing essentially the same research in more than one journal or primary publication. Submitting the same manuscript to more than one journal concurrently constitutes unethical publishing behaviour and is unacceptable.

e. Acknowledgement of Sources
Proper acknowledgment of the work of others must always be given. Authors should cite publications that have been influential in determining the nature of the reported work.

f. Authorship of the Paper
Authorship should be limited to those who have made a significant contribution to the conception, design, execution, or interpretation of the reported study. All those who have made significant contributions should be listed as co-authors. Where there are others who have participated in certain substantive aspects of the research project, they should be acknowledged or listed as contributors. The corresponding author should ensure that all appropriate co-authors and no inappropriate co-authors are included on the paper, and that all co-authors have seen and approved the final version of the paper and have agreed to its submission for publication.

g. Hazards and Human or Animal Subjects
If the work involves chemicals, procedures or equipment that have any unusual hazards inherent in their use, the author must clearly identify these in the manuscript.

h. Disclosure and Conflicts of Interest
All authors should disclose in their manuscript any financial or other substantive conflict of interest that might be construed to influence the results or interpretation of their manuscript. All sources of financial support for the project should be disclosed.

i. Fundamental errors in published works
When an author discovers a significant error or inaccuracy in his/her own published work, it is the author’s obligation to promptly notify the journal editor or publisher and cooperate with the editor to retract or correct the paper.