Editorial Policies

Focus and Scope

Tujuan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan artikel yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini yang luar biasa di bidang manajemen pendidikan di semua pengaturan.

Ruang lingkup jurnal ini meliputi perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi pendidikan, pengawasan pendidikan, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, kepemimpinan pendidikan, pendidikan (pengajaran, pengembangan pengajaran, proyek dan inovasi pendidikan, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan dan pembelajaran, evaluasi atau penilaian dalam pendidikan)

Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini merupakan:
(1) laporan evaluasi dan temuan penelitian;
(2) masalah konseptual dan metodologis; dan / atau
(3) implikasi dari tindakan di atas; dan / atau
(4) bagian ulasan buku yang luas dan juga laporan sesekali tentang konsep manajemen pendidikan.
 

Section Policies

Artikel

  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan menerapkan kebijakan proses peninjauan/review sebagai berikut :

  1. Naskah yang dikirim author, akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal dan kesesuaian dengan template Jurnal. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga naskahnya layak dikirim ke Reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
  2. Naskah yang telah melewati langkah 1 diatas, maka dikirim ke 2 orang reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode ulasan buta ganda (double blind peer review).
  3. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi. Durasi paling lama 2 bulan 
  4. Reviewer akan menyarankan perbaikan dan atau penerimaan/menolak artikel.
  5. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.
  6. Keputusan editor adalah final.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

(This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge)

Indeksasi

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan telah terindeks oleh lembaga pengindeks sebagai berikut :

      

       

Petunjuk Penulisan

Download Template Penulisan Naskah klik disini

Baca dengan cermat pedoman sebagai berikut:

A. Persyaratan Umum

Persyaratan standar minimal Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan harus:

  1. Ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  2. Panjang makalah minimal 6 halaman dan tidak lebih dari 16 halaman, akan dievaluasi jika artikel membutuhkan lebih dari 16 halaman sebelum didistribusikan ke reviewer.
  3. Artikel harus menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (100-250 kata) dan diikuti kata kunci (3-5 kata).
  4. Penggunaan alat seperti Zotero, Mendeley, atau EndNote untuk manajemen referensi dan pemformatan. Kutipan harus dalam bentuk teks dan bibliografi berdasarkan APA 6th Edition (American Psychological Association)
  5. Pastikan kertas Anda disiapkan dengan menggunakan Template Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan
  6. Naskah harus diperiksa Template, Daftar Pustakan,  Tingkat kesamaan (Plagiat) menggunakan alat seperti Turnitin , Plagiarism dan sejenis dengan tingkat persamaan minimal 20%, wajib diperiksa oleh Dewan Redaksi Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. Dikenakan biaya pemeriksaan IDR 50.000 untuk satu kali uji. Penulis dapat mendaftar untuk pengujian melalui form https://forms.gle/1fyN6siYSDuHucXr8

B. Struktur Naskah

Naskah harus disiapkan mengikuti struktur:

  1. Judul. Judul makalah harus menggambarkan tujuan penelitian, metode / model, dan tujuan penelitian, tanpa akronim atau singkatan.
  2. Abstrak.Abstrak memiliki 100 hingga 250 KATA; Tidak ada kutipan, pada abstrak memuat tujuan utama, desain penelitian, metodologi, hasil utama, dan hasil, dan kesimpulan.
  3. Struktur bagian.Penulis disarankan untuk mempresentasikan artikelnya dalam struktur bagian: Pendahuluan - Metode - Hasil dan Pembahasan - Kesimpulan
  4. Referensi. Harapkan minimal lebih dari 15 referensi terutama dengan minimal 85% dari makalah jurnal terkemuka, minimal terindeks SINTA (terakreditasi nasional).

Silahkan hubungi IT Support untuk masalah ini via WhatsApp 082285742526

 

Riwayat Jurnal

Jurnal ini pertama kali diterbitkan secara online Volume 1 Nomor 1 pada tahun 2013. Terdaftar sebagai jurnal ber ISSN dan E-ISSN pada tahun 2018.

Pada tahun 2020 secara resmi terakreditasi SINTA 5 berdasarkan Surat Keterangan : 85/M/KPT/2020. Terhitung sejak 15 April 2020, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan telah menerbitkan artikel ilmiah hingga Volume 9 Nomor 1 tahun 2020.

Pada tanggal 16 Juni 2020 Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan telah merilis template terbaru untuk submit artikel pada Volume 9 Nomor 2 tahun 2020.

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan telah melakukan Call for Paper untuk menampung submit naskah/artikel hingga batas waktu yang telah dicantumkan di bagian Announcements pada website jurnal. 

Pada 19 Februari 2021 melalui SK AKREDITASI Nomor Surat Keterangan: 200/M/KPT/2020, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan secara resmi ditetapkan terakreditasi SINTA 4
 
 

Pernyataan Etika Publikasi dan Malpraktek

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan merupakan jurnal ilmiah (Scientific Journal) yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Padang (UNP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Jurusan Administrasi Pendidikan bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Manajemen dan Administrasi Pendidikan (ISMAPI).  Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari/reviewer, dan pengarang/penulis. Pada intinya Kode Etika Publikasi Ilmiah ini menjunjung nilai etik dalam publikasi

Pernyataan etika kami didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE's untuk Editor Jurnal.

Keputusan publikasi
Editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang dikirimkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Permainan yang adil
Seorang editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan
Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, sebagaimana mestinya.

Pengungkapan dan konflik kepentingan
Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

TUGAS REVIEWER Kontribusi Keputusan Editorial
Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Kecepatan
Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa tinjauan segera tidak mungkin dilakukan, harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan
Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas
Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber
Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor setiap kesamaan substansial atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dan makalah terbitan lain yang mereka ketahui secara pribadi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan
Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan makalah.

TUGAS PENULIS Standar pelaporan
Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di kertas. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme
Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

Publikasi Berganda, Berlebihan, atau Bersamaan
Seorang penulis tidak boleh, secara umum, menerbitkan manuskrip yang menggambarkan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber
Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat karya yang dilaporkan.

Penulisan Makalah
Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi studi yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Dimana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor.
Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas disertakan pada makalah dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan
Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan keuangan atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus