PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MIND MAPS DAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X SMK N 5 PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan hasil belajar siswa dengan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Mind Maps dan Metode Ceramah pada mata pelajaran Pengukuran Listrik kelas X SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XL2 dan siswa XL3 program keahlian Teknik Listrik SMK N 5 Padang dengan jumlah siswa 64 orang, XL2 merupakan kelas eksperimen dan XL3 merupakan kelas kontrol. Penentuan kelas ini dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan posttest (tes hasil belajar) berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Aktif Tipe Mind Maps, Ceramah.